Belajar Excel Pemula Pdf

Belajar Excel Pemula Pdf – Perhitungan dasar di Excel – Microsoft Excel adalah program yang menggunakan spreadsheet yang berisi baris dan kolom untuk memanipulasi data atau angka untuk melakukan perintah. Microsoft Excel tersedia di platform Windows, MacOS, Apple, dan Android.

Ada banyak teknik untuk menjalankan perintah di Microsoft Excel. Jika Anda seorang pemula di Microsoft Excel, maka Anda harus menguasai 15 aturan Excel berikut. BACA JUGA: Berikut cara mudah membuat tabel di Microsoft Excel untuk pemula

Belajar Excel Pemula Pdf

Belajar Excel Pemula Pdf

Excel dasar ini banyak digunakan, baik dalam ceramah maupun dalam pekerjaan kantor. Berikut adalah 15 keterampilan Excel penting yang dapat Anda pelajari.

Jual Buku Belajar Sendiri Membuat Fungsi Excel Untuk Pemula Karya Yudhy Wicaksono & Solusi Kantor

Kita sering menjumpai IF ini ketika kita berurusan dengan data yang terkait dengan perbandingan bersyarat dalam sel. BACA JUGA: Pelajari cara menggunakan fungsi SUM, Average, Min, Max, dan IF di Excel

Jadi bunyinya seperti ini. Jika J6 lebih besar atau sama dengan 90, bisa jadi A. Dapat menjadi B jika J6 lebih besar dari atau sama dengan 61. Kalau tidak bisa C.

=COUNTA(K6:K10) Rumus ini menghitung jumlah sel di dalamnya. Dari data di sel K6:K10, 1 sel kosong. Jadi COUNTA adalah 4.

=COUNTA(J6:J10) Ini adalah rumus yang menghitung jumlah sel yang dikandungnya. Semua sel memiliki panel (tidak ada yang kosong) berdasarkan data di sel J6:J10. Jadi COUNTA adalah 5.

Jual Rumus Excel Terlengkap & Harga Terbaru April 2023

Contoh: =LEFT(E3;2) Ini adalah formula yang mengambil 2 karakter teks dari kiri dimana teks “” menjadi “Ga” di sel E3.

Contoh: =MID(E3;3;4) adalah formula yang mengambil 4 huruf teks dari teks di sel E3 (dimulai dari huruf 3) sampai dengan teks “Love”.

Contoh: =LEFT(E3;2) Ini adalah formula yang mendapatkan 2 karakter teks dimulai dari kanan dimana teks “” menjadi “Ti” di sel E3.

Belajar Excel Pemula Pdf

Ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter huruf atau teks di Excel. Jumlah karakter adalah jumlah huruf, angka, dan tanda baca seperti spasi, koma, dan titik.

Buku Microsoft Excel Untuk Pemula

Contoh: =LEFT(E3;2) Ini adalah rumus menghitung jumlah karakter teks di sel E3 “”. Hingga 8 karakter.

Contoh: =CONCATENATE(D16;E16;F16) Ini adalah formula yang menggabungkan 3 teks dari sel yang berbeda menjadi satu teks. Yaitu (D16), (E16) item dan (F16) kelompok. Menjadi “Grup Proyek”.

Contoh: =ROUND(I11;1) Ini adalah rumus yang membulatkan nilai 10.682 di sel I11 ke kesebelas. Sehingga menjadi 10,7.

Fungsi yang digunakan untuk mengambil data dari tabel lain berdasarkan kunci yang ditentukan. Perbedaan antara Vlookup dan Hlookup adalah Vlookup mengembalikan data statis. Sedangkan Hlookup bersifat horizontal.

Cari Tahu Level Skill Excel Mu Beserta Rekomendasi Pelatihan

Beberapa aturan dasar Excel mungkin tidak jelas. Oleh karena itu, saya sertakan video penjelasan di bawah ini agar mudah dipahami. sambil mempraktikkannya. Baca juga: Cara menggunakan format Vlookup dan Hlookup di Excel

Itulah 15 aturan Microsoft Excel yang bisa saya jelaskan. Angka-angka ini sebenarnya adalah angka terpenting di Excel. Dan jika Anda seorang guru, Anda harus menguasai program-program ini agar Anda dapat bekerja dengan mudah di sekolah, cara membuat tabel di excel – sebenarnya membuat tabel di microsoft excel itu mudah. Apakah di Excel 2007, 2010 atau Excel 2013.

Cara pembuatan tabel di Excel hampir sama di semua versi MS Excel. Mungkin mereka hanya memiliki sedikit nuansa yang tidak penting.

Belajar Excel Pemula Pdf

Tabel Excel itu sendiri adalah kumpulan data yang ditampilkan dalam kotak. Semuanya berbentuk baris dan kolom BACA JUGA: 15 Rumus Penting Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Pemula.

Cara Membuat Grafik Di Excel 2010 Untuk Pemula

Ada dua cara untuk membuat tabel di Microsoft Excel. Itu bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan jika Anda seorang pemula. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat tabel di Excel.

Langkah 2: Di menu “Sisipkan”, silakan klik “Tabel”. Atau jalan pintas, tekan Ctrl + T atau Ctrl + L.

Langkah 3: Kemudian jendela “Buat Tabel” akan muncul. Pada kotak pilihan ini, silahkan centang cell range atau range data yang ingin dibuat tabelnya.

Langkah 3: Pada menu Home, silahkan klik icon border frame => Pilih All Borders. Sejauh ini, Anda telah berhasil membuat tabel.

Tutorial Lengkap Rumus Excel Untuk Pemula

Langkah 4: Jika Anda ingin menggabungkan beberapa sel menjadi satu, harap sembunyikan sel yang ingin Anda gabungkan => Pada menu utama, klik Marge & Center.

Berikut cara saya menjelaskan cara membuat tabel di microsoft excel. Gunakan perintah tabel atau semua batasan. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *