Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula – Banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga mahasiswa. Program ini menawarkan banyak fungsi seperti perhitungan sederhana dan pembuatan grafik. Berikut adalah 7 tips yang bisa Anda gunakan untuk sekadar memelihara aplikasi ini.

: Anda akan melakukan berbagai fungsi pada tabel ini, seperti perhitungan, grafik, dll., dalam bentuk baris dan kolom. Pada satu lembar kerja atau

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

S, jumlah kolom yang dapat digunakan hingga 16.384 dan jumlah baris hingga 1.048.576.

Tes Excel Lowongan Kerja Admin # 1

: Beberapa fitur penting MS Excel yang akan Anda gunakan tercantum di sini dan dibagi menjadi beberapa kategori

Auto-Sum adalah fitur yang memungkinkan Anda menghitung dengan cepat tanpa perlu repot-repot mengetahui cara menghitung, atau dengan kata lain perhitungan dapat dilakukan secara otomatis.

Misalnya, Anda ingin menggabungkan 15 angka dalam 15 sel dalam 1 kolom atau baris. Yang harus Anda lakukan adalah memilih semua sel dan klik Beranda > Autosum. Kemudian semua angka di dalam sel akan tertulis secara otomatis.

Anda dapat menggunakan fungsi tabel untuk mengatur data yang Anda masukkan di MS Excel. Memasukkan data ke dalam sel tidak berarti bahwa data tersebut menjadi tabel.

Webinar Belajar Rumus Rumus Microsoft Excel

Untuk memodifikasi tabel, cukup blokir data yang ingin disediakan oleh tabel. Pilihan kemudian akan muncul di sudut kanan bawah.

Data yang disajikan dalam tabel terlihat bersih. Namun, data yang ditampilkan pada grafik akan sangat menarik.

Prosesnya sangat sederhana. Misalnya, ada kolom “Persyaratan” dan kolom “Harga”. Kemudian gunakan tombol CTRL untuk memilih kedua kolom. Lakukan

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Anda ingin menggunakan kotak pencarian. Kalender akademik, jadwal mahasiswa,

Cepat Mahir Belajar Microsoft Excel

Karena Ms Excel adalah program yang berhubungan dengan angka, maka format angka yang anda gunakan harus benar. Format angka diperlukan untuk memasukkan berbagai jenis data. Misal masuk 100% tentu beda dengan memasukkan Rp. 100.

Meski sama-sama menggunakan angka “100”, namun penggunaan keduanya berbeda. Menggunakan Ms Excel, Anda dapat mengubah format angka sesuai keinginan.

Prosesnya sangat sederhana. Pertama, lakukan perhitungan awal dari angka yang ingin Anda format. Kemudian, di bagian “Angka”, klik menu “Umum” dan pilih format angka yang diinginkan.

Ini adalah 7 tips menggunakan MS Excel untuk pemula. Anda tidak perlu khawatir. MS Excel adalah program yang mudah dipelajari selama Anda tahu harus mulai dari mana. Apakah Anda siap menjadi ahli Excel? Spreadsheet digital telah ada sejak tahun 1978. VisiCalc awalnya dikembangkan oleh mahasiswa Harvard Business School Dan Bricklin pada tahun 1978. Jika tabel yang dikembangkan hanya memiliki 5 kolom dan 20 baris, perangkat lunak yang dikembangkan masih sangat berguna. Sejak itu, Bob Frankston bekerja sama dengan Bricklin untuk membuat sekuel yang sukses. Salah satu spreadsheet paling sukses setelah VisiCalc adalah Lotus 1-2-3, dibuat pada tahun 1983 oleh tim yang dipimpin oleh Mitch Kapor. Keterbacaan VisiCalc adalah hasil dari kemajuan VisiCalc dengan menambahkan bagan dan fungsi. Lotus 1-2-3 sangat sukses dan mengalahkan VisiCalc pendahulunya.

Mau Belajar Analisis Data Dengan Microsoft Excel? Ini Caranya!

Pada tahun 1982, ketika Lotus mengembangkan 1-2-3, Microsoft membuat spreadsheet yang disebut MultiPlan. Program ini dirancang untuk berjalan pada sistem operasi CP/M dan MS-DOS, dikalahkan oleh Lotus 1-2-3, dan sekarang tersedia pada sistem operasi berbasis OS. MultiPlan terus dikembangkan dan akhirnya pada tahun 1985 MultiPlan berganti nama menjadi Excel. Tabel ini pertama kali menggunakan Antarmuka Pengguna Grafis (Graphical User Interface), tetapi hanya tersedia di Apple Mac.

Pada tahun 1987, Microsoft pertama kali merilis Excel untuk sistem operasi Windows dan menyebutnya Excel 2.0. Meskipun ini adalah versi pertama di Windows, versi sebelumnya di Mac menggunakan nomor 2.

Excel4macro Excel Addin Excel Google Form Google Sheet Google SpreadSheet LibreOffice Basic Microsoft Word Rest API Telegram VBA Windows APIExcel Tutorial untuk Pemula. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem Microsoft Windows dan Mac OS. Alat ini memanfaatkan strategi pemasaran kuat Microsoft dengan kemampuan matematika dan grafik yang menjadikan Microsoft Excel salah satu program komputer paling populer yang pernah digunakan di komputer mikro.

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Bahkan, sejak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993, program tersebut telah menjadi program spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh banyak kalangan baik pada platform PC berbasis Windows maupun platform Mac OS berbasis Macintosh. Program ini merupakan bagian dari sistem Microsoft Office, dan versi terbaru adalah Microsoft Office Excel 2007, yang terintegrasi ke dalam suite Microsoft Office Excel 2007. . . digunakan.

Panduan Microsoft Excel Untuk Pemula

Tajuk baris (Line header) merupakan indikator posisi baris pada halaman aktif. Header baris juga berfungsi sebagai bagian dari penunjuk sel (dibahas di bawah). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.

Judul kolom (header kolom) adalah indikator lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Seperti judul baris, judul kolom juga berfungsi sebagai penunjuk sel (dibahas di bawah). Kolom diwakili oleh huruf A – Z dan kombinasinya. Setelah kolom Z, kita menemukan kolom AA, AB ke AZ, lalu BA, BB ke BZ, dan kolom terakhir berlanjut ke IV (jadi total 256 kolom). Lembar kerja yang cukup besar, bukan? (65.536 baris, 256 kolom).

Penunjuk Sel adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah persimpangan antara kolom dan baris. SEL dinamai menurut posisi dan garis kolom. Misalnya. Sel A1 mewakili perpotongan antara kolom A dan baris 1.

Formula bar adalah tempat kita menulis formula yang akan kita gunakan nanti. Rumus di Microsoft Excel harus dimulai dengan tanda ‘=’. Misalnya, jika kita ingin menambahkan nilai ke sel A1 dan B1, Anda dapat menulis =A1+B1 di bilah rumus.

Belajar Aplikasi Akuntansi Excel: Panduan Lengkap Bagi Pemula

Penunjuk Sel membantu menunjuk ke sel yang aktif. Yang dimaksud dengan sel fungsional adalah sel yang melakukan fungsi tertentu. Klik pada sel yang diinginkan untuk memindahkan pointer. Untuk sel yang tidak terlihat, gunakan bilah gulir untuk menggerakkan layar hingga sel yang diinginkan terlihat dan klik sel tersebut. Dalam beberapa kasus, kami lebih suka menggunakan keyboard. Berikut daftar tombol untuk memindahkan pointer pada keyboard.

Catatan: Kami menyimpan file bersama di Google Drive, jika file Word dan Excel dipindahkan ke Google Docs, unduh/simpan seperti sebelumnya. Tetapi jika Anda memiliki masalah, baca cara mengunduhnya. Saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa peran teknologi sangat besar dan penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pekerjaan. Microsoft adalah salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di luar sana, dan Microsoft Excel membantu banyak orang menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat.

Excel sendiri merupakan program perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data dan melakukan perhitungan mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Oleh karena itu, formulir Excel memainkan peran penting yang harus diperhatikan oleh orang-orang, terutama pemula, saat menggunakan perangkat lunak ini.

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Bagi mereka yang baru mengenal Microsoft Excel, hal pertama yang harus dipahami adalah struktur dasar Excel. Ada beberapa rumus excel yang harus dihafal sebagai rumus dasar untuk maju ke level yang lebih sulit. Seperti apa tampilan formulir Excel? Inilah penjelasannya.

Panduan Microsoft Excel Untuk Pemula

Sama seperti belajar berhitung, rumus pertama yang kamu pelajari adalah penjumlahan SUM. Jika Anda ingin menambahkan poin ke angka, gunakan SUM. Di sana, formulir ini memungkinkan integrasi data dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Rumus untuk menambahkan di Excel adalah sebagai berikut.

Jika Anda tidak ingin mengetikkan nomor sel dalam rumus, Anda bisa mengetikkan =SUM() dan langsung menarik sel dari sel pertama ke sel terakhir yang berisi data yang ingin ditambahkan. ) dan tekan enter.

Pindah ke rumus Excel yang harus dihafal dengan cara mereduksi data dalam bentuk angka. Di sana, simbol digunakan untuk pengurangan. Cara menulisnya:

Anda dapat menggunakan tanda bintang atau * untuk beralih ke rumus dasar Excel untuk perkalian. Di sana perlu memperbanyak posisi antara nomor sel yang berisi data. Berikut cara menggunakan formulir ini:

Begini Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel Dengan Mudah Bagi Pemula

Alternatifnya, Anda dapat mengeklik sel, mengarahkan kursor di antara karakter *, atau melakukan hal berikut.

Di sana, rumus Excel digunakan untuk menghitung data di balik layar dan digunakan untuk mencari angka rata-rata dalam kumpulan data. Tentunya dengan rumus ini Anda bisa melakukan pembagian dengan cepat dan akurat.

Rumus Excel dasar berikutnya yang harus dihafal adalah menemukan angka maksimum dalam satu set data. Di sana Anda dapat menggunakan rumus Max sebagai notasi berikut.

Cara Belajar Microsoft Excel Bagi Pemula

Dengan menggunakan cara ini, Anda pasti akan mendapatkan kualitas terbaik tanpa harus menyimpan data secara terpisah.

Mengoperasikan Aplikasi Microsoft Excel Bagi Operator Komputer

Alih-alih menemukan jumlah maksimum atau minimum dalam kumpulan data, Anda dapat menggunakan rumus Min. Di sana penggunaannya persis sama


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *