Menu Diet Keto Untuk Pemula

Menu Diet Keto Untuk Pemula – Hai Sobat Sumedang Berbagi Sebelum membahas menu diet keto lebih jauh, ada baiknya kita juga mengetahui apa itu diet keto? Ayo pergi.

Ketogenic atau di Indonesia lebih dikenal dengan diet keto adalah program diet yang melibatkan pengurangan asupan makanan berjenis karbohidrat, namun justru memperbanyak asupan makanan berjenis lemak. Kalau dalam asupan lemak normal untuk tubuh kita dibatasi hanya 20% sampai 30%. Berbeda dengan diet keto, kita harus mengkonsumsi lemak hingga 70-75% sebagai pengganti karbohidrat yang sebenarnya hanya 5%, dan sisanya kita tutupi dengan makanan berprotein tinggi sebanyak 20% dari tubuh. tubuh. Digunakan.

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Dalam diet keto dikenal juga dengan istilah ketosis yaitu fase dimana tubuh membakar lemak sebagai pengganti karbohidrat untuk energi, sehingga diet ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan dapat membantu penurunan berat badan.

Diet Keto: Berani Mencoba Tantangan Diet Rendah Karbohidrat?

Dalam menerapkan diet ketogenik, tantangan terbesar adalah proses adaptasi selama masa ketosis, terutama bagi orang yang terbiasa menggunakan glukosa (karbohidrat) sebagai sumber energi. Bagaimana tidak, karena kita terbiasa makan nasi sebanyak 1 piring sekarang diet keto dikurangi menjadi hanya 1 sendok, wah, kita lapar, lelah atau gangguan emosi karena suplai glukosa ke otak juga berkurang. . Namun, jika sudah terbiasa dan bisa bertahan, masa yang tidak menyenangkan ini akan berbuah manis, seperti berat badan yang mulai turun secara bertahap, kemudian hormon lapar yang mulai menurun.

Nah bagi anda yang ingin memulai diet ketogenic, kami menemukan cara yang sangat mudah dan sederhana, apalagi jika anda masih pemula bisa menggunakan contoh panduan menu diet keto indonesia yang sudah jauh tertinggal tadi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, resep diet keto pada dasarnya berarti kita lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak plus protein daripada karbohidrat. Contoh langkah menu diet keto selama 10 hari atau seminggu lebih dilansir dari dietsehat.co.id adalah sebagai berikut.

Selain itu, di YouTube Anda bisa melihat video tentang makanan apa saja yang harus dimakan saat diet keto.Dalam beberapa tahun terakhir, istilah diet keto menjadi sangat populer. Terutama di kalangan pemerhati kesehatan dan orang yang ingin menurunkan berat badan. Diet keto dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu, banyak orang yang langsung mencoba menerapkan cara diet ini dalam kesehariannya. Banyak yang berhasil, namun tak jarang juga yang gagal menurunkan berat badan dengan diet keto. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda tidak boleh mengikuti diet keto secara tidak sengaja. Ada beberapa cara dan menu diet keto yang perlu Anda pahami agar tubuh tetap mendapat nutrisi yang cukup setiap hari. Jika Anda ingin mengikuti diet keto, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara dan menu diet keto yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang menu diet keto pemula dan cara melakukan diet keto yang benar.

Diet ketogenik atau diet keto adalah pola makan yang membatasi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak sehat seperti alpukat dan ikan berminyak atau sumber lemak baik lainnya. Prinsip diet keto adalah tubuh menggunakan dua sumber bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari, yaitu glukosa (gula) dan keton (lemak). Diet keto dianggap menguntungkan untuk menurunkan berat badan dengan memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Menu Diet Keto Yang Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Awalnya, metode diet keto digunakan pada anak yang menderita epilepsi dan resisten obat. Pasalnya, jenis diet ini bisa mengurangi frekuensi kejang. Selain itu, diet keto juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko berkembangnya gangguan sistem saraf.

Ada tiga langkah yang harus diikuti saat memulai diet keto. Untuk itu, jika ingin memulai diet keto, sebaiknya pahami terlebih dahulu ketiga langkah tersebut untuk hasil yang optimal. Di bawah ini adalah ikhtisar tahapan diet keto.

Tahap pertama dirancang untuk membawa tubuh ke keadaan ketosis, keadaan di mana tubuh beradaptasi untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Cara memulai pada tahap ini adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan makanan hewani seperti telur, daging, ayam, dan ikan hingga 10 gram per hari. Maka dianjurkan berpuasa selama 16-18 jam. Selama masa puasa ini, tetap dianjurkan untuk mengonsumsi air putih dan minuman bebas kalori agar tubuh tidak dehidrasi. Tahap induksi ini biasanya berlangsung 2-3 hari.

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Tahap konsolidasi adalah tahap kedua saat Anda memulai diet keto. Anda bisa makan sayur dan sumber protein nabati pada tahap ini, namun makan buah tetap tidak disarankan. Namun jika pada tahap ini konsumsi sayuran menyebabkan gula darah Anda melebihi 90 mg/dl, Anda perlu kembali ke tahap induksi. Fase konsolidasi ini harus berlangsung dari 1 minggu hingga 1 bulan.

Diet Keto Bikin Badan Lebih Proporsional, Boleh Dicoba

Pada tahap pemeliharaan ini, bisa dikatakan tubuh sudah beradaptasi untuk membakar lemak sebagai sumber energi. Anda juga bisa makan buah dan sayur pada tahap ketiga ini, namun asupan karbohidrat Anda dibatasi maksimal 20 gram per hari. Selain itu, jika Anda sedang menjalani diet keto, disarankan untuk rutin cek gula darah dan disiplin menjaga kadar gula darah di bawah 90 mg/dL. Maka asupan yang dianjurkan pada tahap ini adalah 75% lemak, 25% protein, dan 10% karbohidrat.

Cara diet keto yang pertama adalah dengan membatasi asupan karbohidrat. Hal ini dilakukan agar tubuh terbiasa membakar lemak sebagai sumber energi untuk beraktivitas sehari-hari. Saat menjalani diet keto, Anda perlu mengurangi asupan karbohidrat hingga di bawah 50 gram per hari. Oleh karena itu, cara paling mudah bagi pemula untuk memulai diet keto adalah dengan membatasi konsumsi nasi putih. Karena nasi putih merupakan salah satu sumber utama karbohidrat. Selain itu, Anda juga harus menghindari makan umbi-umbian atau umbi-umbian seperti ubi atau ubi.

Selain itu, gunakan cara diet keto yang tepat, yaitu dengan memperbanyak porsi protein yang dikonsumsi, namun di siang hari Anda juga tidak boleh sembarang mengonsumsi protein, karena pada diet keto total protein dibatasi hanya sekitar 20% dari total asupan harian Anda. Selain itu, Anda juga perlu memilih sumber asupan protein yang tepat. Pada tahap awal diet keto, dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani seperti daging merah atau dada ayam. Selain itu, pada fase konsolidasi atau pada fase kedua barulah anda boleh mengkonsumsi protein nabati.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, pemilihan makanan tidak boleh sembarangan pada diet keto. Meskipun dianjurkan mengonsumsi makanan kaya protein dan lemak, lemak yang dikonsumsi saat diet keto juga harus lemak baik atau tak jenuh. Berikut beberapa jenis makanan yang dianjurkan dalam diet keto:

Menu Diet Keto Untuk Pemula Yang Murah Dan Sederhana

Selain makanan yang dianjurkan, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang harus dihindari selama menjalani diet keto. Makanan yang harus dihindari termasuk makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Berikut jenis makanan yang harus dihindari pada diet keto:

Sebagai pemula yang baru menjalani diet keto, Anda mungkin sering tidak mengetahui menu makanan apa yang cocok untuk disantap saat menjalani diet keto. Pasalnya, asupan makanan dalam diet keto harus dipikirkan dengan baik untuk hasil yang optimal. Jenis makanan yang Anda konsumsi pada diet keto harus memenuhi kebutuhan harian tubuh atau berupa 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Agar Anda tidak bingung dan bisa mengikuti diet keto dengan baik, berikut daftar menu diet keto mingguan untuk pemula yang bisa Anda coba.

Makan malam: sup daging sapi yang disiram dengan tomat, kemudian dibumbui dengan mentega, keju, dibumbui dengan garam, bawang putih, dan merica.

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, mengikuti metode diet keto dan makan dengan menu diet keto yang tepat juga bisa baik untuk kesehatan. Berikut manfaat diet keto yang perlu Anda ketahui.

Resep Hidangan Puding Natal The Cookbook Keto: Makanan Lezat Inovatif Untuk Tetap Di Diet Ketogenik, Sarapan, Png

Diet keto memang dianjurkan bagi penderita diabetes tipe 2. Namun, dengan syarat lemak yang dikonsumsi adalah lemak sehat, seperti yang terkandung dalam alpukat, kacang-kacangan, salmon. Asupan rendah karbohidrat dengan kandungan lemak tinggi dapat membantu meningkatkan efisiensi tubuh dalam menyimpan dan mengolah energi. Hal ini akan meringankan gejala diabetes yang dirasakan.

Namun, untuk memantau keamanan diet keto pada penderita diabetes, disarankan agar penderita diabetes berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis dan rutin memeriksakan kadar gula darahnya setiap hari. Pastikan gula darah Anda tidak terlalu rendah. Tingkat keton juga harus diuji untuk menyingkirkan ketoasidosis.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, diet keto awalnya digunakan untuk anak penderita epilepsi. Menurut penelitian, diet keto sangat membantu meredakan gejala epilepsi pada anak. Jenis rendah karbohidrat ini sangat efektif, terutama untuk anak-anak dengan gejala epilepsi yang sulit diobati dengan obat-obatan umum.

Sebuah studi terhadap 150 anak penderita epilepsi menemukan bahwa setahun setelah diet keto, setengah dari anak-anak tersebut mengalami penurunan frekuensi kejang sebesar 50%.

Cara Diet Keto Untuk Pemula Yang Benar, Cari Tahu Disini!

Diet keto diyakini tidak hanya bermanfaat dalam pengobatan gangguan sistem saraf seperti penyakit Alzheimer, gangguan tidur, dan penyakit Parkinson. Selama menjalani diet keto, keton yang diproduksi tubuh memecah lemak menjadi energi, sehingga dapat melindungi sel otak dari kerusakan.

Selain itu, diet keto juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi tubuh, antara lain membantu mengurangi jerawat, membantu mengatasi PCOS, dan menghambat pertumbuhan kanker. Cara diet keto ini juga berguna untuk menekan peradangan pada asam urat. Tidak mengherankan jika banyak ahli dan ahli kesehatan merekomendasikan diet keto, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda mengikuti diet keto yang tepat.

Selain bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2,

Menu Diet Keto Untuk Pemula


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *