Microsoft Excel Bagi Pemula

Microsoft Excel Bagi Pemula – Mempelajari Microsoft Excel sekarang hanya dimungkinkan dengan koneksi Internet. Ada banyak tutorial, dari pemula hingga

Atau Advanced, yang dapat diakses secara gratis. Namun, tutorial ini cenderung kurang terstruktur, sehingga menyulitkan pemula untuk memahami proses belajar Excel dari awal.

Microsoft Excel Bagi Pemula

Microsoft Excel Bagi Pemula

Dari permasalahan tersebut membuat buku ajar untuk belajar ms excel tentunya ada materi yang terletak mulai dari entry level. Dokumen kami susun berdasarkan kategori, dimulai dengan mempelajari dasar-dasar MS Excel, fungsi dan rumus Excel, serta dokumen pada Macro VBA Excel.

Belajar Dasar Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

Tutorial Microsoft Excel selalu diperbarui berdasarkan versi terbaru dari MS Excel. Meskipun kami menggunakan versi terbaru, kami juga akan menambahkan langkah-langkah untuk versi sebelumnya jika diperlukan. Oleh karena itu, materi tersebut akan digunakan dalam berbagai versi MS Excel.

Untuk mempelajari MS Excel, kita harus memahami dasar-dasar penggunaan komputer. Mulailah dengan membuka dan menutup aplikasi dan sebagainya. Kami juga merekomendasikan untuk mempelajari Microsoft Word terlebih dahulu jika Anda tidak dapat menggunakan MS Word. Ini karena ada dasar untuk bekerja dengan Microsoft Office, yang kami bagikan dalam dokumen MS Word.

Dalam tutorial ini, kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Namun, materi tersebut dapat digunakan di versi sebelumnya juga, mulai dari Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Dokumen dasar yang akan dipelajari adalah tentang implementasi aplikasi Excel, mulai dari worksheet dan workbook. Kemudian, tentang tampilan dan fungsinya, serta dasar penggunaan rumus atau fungsinya.

Cara Membuat Tabel Di Excel Untuk Pemula

Dokumen ini menjelaskan rumus dan fungsi di Excel. Di setiap pelajaran, kami akan menjelaskan cara menggunakan rumus / fungsi dan contoh.

Microsoft Excel merupakan software yang sangat penting untuk dipelajari setelah MS Word karena sering digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari sekolah, kuliah, organisasi, kerja kantoran dan sebagainya. Belajar Excel cukup mudah. Jika sudah pernah belajar Word, kita hanya ingin fokus mempelajari Spreadsheet, Grafik, Fungsi, Rumus dan VBA. Tutorial Excel untuk Pemula. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah aplikasi yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fungsi kalkulasi dan grafik dengan menggunakan strategi pemasaran Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer mikro yang paling populer saat ini.

Bahkan, saat ini menjadi program spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik pada platform PC berbasis Windows maupun platform Mac OS berbasis Macintosh, sejak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari sistem Microsoft Office dan versi terbarunya adalah Microsoft Office Excel 2007, versi yang termasuk dalam suite Microsoft Office System 2007. Sebelum kita mulai membahas Microsoft Excel, ada baiknya kita mengetahui seperti apa Microsoft Excel itu. Serta beberapa kata umum untuk digunakan.

Microsoft Excel Bagi Pemula

Header baris (awal baris) menunjukkan lokasi baris di lembar kerja aktif. Header baris juga berfungsi sebagai bagian dari penunjuk sel (dibahas di bawah). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.

Microsoft Excel &google Sheet Untuk Pemula Sebagai Penunjang Pekerjaan

Tajuk kolom (column header) adalah letak kolom pada lembar kerja aktif. Seperti header baris, header kolom juga bertindak sebagai bagian dari penunjuk sel (dibahas di bawah). Kolom ditentukan oleh huruf dari A sampai Z dan kombinasinya. Setelah kolom Z, kita akan menemukan kolom AA, AB hingga AZ, lalu kolom BA, BB hingga BZ, dan seterusnya hingga kolom terakhir yaitu IV (total 256 kolom). Itu lembar kerja yang cukup besar, bukan? (65.536 baris 256 kolom).

Cell Pointer adalah penunjuk sel yang berfungsi. Sel adalah persimpangan antara kolom dan baris. SEL dinamai untuk posisi dan garis Colom. Misalnya. Sel A1 mewakili persimpangan kolom A dan baris 1.

Pada tab formula, kita masukkan formula yang akan kita gunakan nanti. Di Microsoft Excel, memasukkan rumus harus dimulai dengan tanda “=”. Misal kita ingin menambahkan nilai pada sel A1 dan B1, maka pada formula bar kita dapat memasukkan =A1+B1.

Cell Pointer bertindak sebagai pointer ke sel aktif. Sel aktif adalah sel yang melakukan tindakan tertentu. Untuk memindahkan pointer mouse, klik pada sel yang diinginkan. Untuk sel yang tidak terlihat, kita dapat menggunakan bilah gulir untuk menggerakkan layar hingga sel yang kita cari terlihat, lalu klik sel tersebut. Dalam kondisi tertentu, kami lebih suka menggunakan keyboard. Berikut adalah tombol-tombol yang digunakan untuk menggerakkan pointer menggunakan keyboard: Rumus dasar Excel. Microsoft Excel adalah program yang dirancang untuk mengolah data atau angka menggunakan tabel yang terdiri dari baris dan kolom untuk melakukan operasi. Microsoft Excel tersedia di platform Windows, MacOS, Apple, dan Android.

Tips Mahir Ms Excel Bagi Pemula, Kamu Harus Tahu!

Ada banyak rumus yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan perintah di Microsoft Excel. Jika Anda baru mengenal Microsoft Excel, Anda perlu mempelajari 15 rumus dasar Excel berikut. Baca selengkapnya: Inilah Cara Membuat Spreadsheet Sederhana di Microsoft Excel untuk Pemula

Rumus dasar Excel ini sering digunakan baik di perkuliahan maupun di kantor. Dan inilah 15 rumus dasar Excel yang bisa Anda pelajari.

IF ini sering kita jumpai saat mengolah data yang berhubungan dengan membandingkan kondisi di dalam sel. Lihat juga: Pelajari cara menggunakan fungsi SUM, Average, Min, Max. dan JIKA di Excel.

Microsoft Excel Bagi Pemula

Jadi bunyinya seperti ini. Jika J6 lebih besar atau sama dengan 90, mungkin A. Jika J6 lebih besar atau sama dengan 61, mungkin B. Jika tidak, mungkin C.

Cara Membuat Tabel Di Excel Untuk Pemula Paling Mudah

=COUNTA(K6:K10) Rumus ini menghitung jumlah sel yang dikandungnya. Dari sel yang diberikan K6:K10 ada 1 sel kosong. Jadi COUNTER-nya adalah 4.

=COUNTA(J6:J10) Rumus ini menghitung jumlah sel yang ada. Dari data sel J6:J10, semua sel memiliki sisi (tidak ada celah). Jadi PENGHITUNGNYA adalah 5.

Contoh: =LEFT(E3;2) adalah formula yang berisi 2 karakter, dimulai dari sebelah kiri teks di sel E3 “” menjadi “Ga”.

Contoh: =MID(E3;3;4) adalah rumus yang mengambil 4 huruf tengah (dimulai dari huruf ke-3) di sel E3 “” menjadi “cinta”.

Tutorial Excel Lengkap Bagi Pemula Menggunakan Microsft Excel Help Offline

Contoh: =LEFT(E3;2) adalah formula yang berisi 2 karakter, dimulai dari kanan teks di sel E3 “” menjadi “Ti”.

Digunakan untuk menghitung jumlah karakter atau teks di Excel. Karakter seperti huruf, angka, dan tanda baca seperti spasi, koma, dan tanda baca akan dipertimbangkan.

Contoh: =LEFT(E3;2) adalah rumus untuk menghitung jumlah karakter teks pada sel E3 “”. Itu 8 huruf.

Microsoft Excel Bagi Pemula

Contoh: =CONCATENATE(D16;E16;F16) Ini adalah formula yang menggabungkan 3 teks dari sel yang berbeda menjadi satu teks. yaitu (D16), (E16) PROYEK dan (F16) KELOMPOK. Menjadi “grup desain”.

Menghitung Statistik Dengan Microsoft Excel

Contoh: =ROUND(I11;1) Ini adalah rumus yang mengambil nilai 10.682 di sel I11 ke titik desimal. Ternyata 10.7.

Fungsi yang digunakan untuk mengambil data dari tabel lain berdasarkan kata kunci tertentu. Perbedaan antara Vlookup dan Hlookup adalah Vlookup mengambil informasi secara vertikal. Sedangkan Hlookup bersifat horizontal.

Beberapa rumus dasar Excel mungkin tidak jelas. Nah, di bawah ini adalah video penjelasan agar lebih mudah dipahami. Pada saat yang sama, terapkan. Baca selengkapnya: Cara menggunakan rumus Vlookup dan Hlookup di Excel

Berikut adalah 15 rumus dasar Microsoft Excel yang dapat saya jelaskan. Rumus ini sebenarnya adalah rumus paling dasar di Excel. Dan jika Anda seorang guru, maka untuk memudahkan pekerjaan di sekolah, Anda pasti perlu menguasai rumus ini, banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah hingga mahasiswa. Program ini menyediakan beberapa fitur seperti perhitungan sederhana untuk tabel. Berikut adalah 7 tips yang bisa Anda gunakan saat pertama kali mengenal program ini.

Tutorial Belajar Excel Indonesia Terlengkap

: Anda akan melakukan aktivitas seperti perhitungan dan perencanaan dalam tabel ini dalam baris dan kolom. Dalam satu lembar atau

S Jumlah kolom yang dapat digunakan hingga 16.384 kolom dan jumlah baris yang dapat digunakan hingga 1.048.576.

: Berikut adalah beberapa fungsi penting MS Excel yang akan Anda gunakan. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok seperti:

Microsoft Excel Bagi Pemula

AutoSum adalah fungsi yang dapat Anda gunakan untuk menghitung dengan cepat tanpa mengetahui algoritmanya, atau dengan kata lain, perhitungan dapat dilakukan secara otomatis.

Microsoft Excel 2019

Misalnya, Anda ingin menambahkan 15 angka dalam 15 sel dalam 1 kolom atau baris. Yang harus Anda lakukan adalah memilih semua sel dan klik Beranda > JumlahOtomatis. Kemudian semua angka di sel akan ditambahkan secara otomatis.

Anda dapat menggunakan fungsi tabel untuk mengatur informasi yang Anda masukkan di MS Excel. Memasukkan data ke dalam sel tidak berarti bahwa data tersebut telah menjadi tabel.

Untuk mengonversi ke tabel, Anda tinggal mengunci data yang diinginkan ke tabel. Kemudian akan muncul pilihan di pojok kanan bawah.

Informasi yang disajikan dalam tabel terlihat bersih. Namun, data yang ditampilkan dalam bentuk grafik akan lebih menarik.

Kepoin 6 Channel Youtube Ini Biar Makin Jago Excel Untuk Pemula

Caranya cukup mudah. Misalnya, ada kolom “item utama” dan juga kolom “harga”. Kemudian gunakan tombol CTRL untuk memilih kedua kolom. Mengerjakan

Anda ingin menggunakannya melalui kotak pencarian. Berbagai template tersedia untuk Anda, seperti kalender akademik, jadwal siswa,

Karena Ms Excel adalah program pengolah angka dekat, format angka yang Anda gunakan harus benar. Format angka diperlukan saat Anda memasukkan jenis data lainnya. Misalnya saat Anda memasukkan 100% tentunya berbeda dengan saat Anda memasukkan 100 rubel.

Microsoft Excel Bagi Pemula

Meski sama-sama menggunakan angka “100”, penggunaannya berbeda. Dengan menggunakan Ms Excel anda dapat merubah format angka sesuai dengan yang anda inginkan.

Situs Belajar Excel Terbaik Dan Gratis Untuk Kamu

Caranya cukup mudah. Pertama buat blok angka pertama menjadi

Belajar microsoft excel bagi pemula, excel bagi pemula, rumus excel bagi pemula, cara menggunakan microsoft excel bagi pemula, belajar excel bagi pemula, program microsoft excel, microsoft excel pemula, dasar excel bagi pemula, cara belajar microsoft excel bagi pemula, microsoft excel untuk pemula, kursus microsoft excel, belajar microsoft excel pemula


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *