Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha – Indonesia tidak hanya kaya akan hasil alam, tetapi juga memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Ada banyak selebriti dengan perjalanan hidup yang menginspirasi dari berbagai bidang termasuk bisnis. Berikut biografi Bob Sadino, seorang pengusaha pangan dan ternak yang sukses.

Pengusaha nyentrik dengan gaya berbusana kemeja dan celana pendek ini bernama Bambang Mustari Sadino. Ia lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjungkarang, Lampung dari pasangan Sadino dan Itinah Soraputra, kemudian meninggal pada 19 Januari 2015 di Jakarta.

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Bob Sadino adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ia menikah dengan Soylami Sojod dan mereka memiliki dua putri, Shanti Dwi Ratih dan Meera Andiani.

Bagaimana Awal Mula Bob Sadino Menjadi Pengusaha Sukses?

Dia berasal dari keluarga kaya. Ayahnya Sadino adalah seorang guru dan kepala sekolah. Pergaulannya jauh lebih baik karena ayahnya terlibat.

Riwayat keluarga yang baik memudahkan Bob Sadino untuk mengenyam pendidikan yang layak dari SD hingga SMA. Sehingga dapat dikatakan kehidupannya jauh lebih baik dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Pendidikan Bob Sadino dimulai pada tahun 1947 di Yogyakarta di SR atau sekolah dasar. Ia kemudian melanjutkan ke SMA (1950) dan SMA (1953) di Jakarta.

Setelah lulus SMA, Bob Sadino bekerja di PT. Unilever hanya beberapa bulan. Dia kemudian mendaftar sekolah hukum di universitas Indonesia bersama temannya sebelum memutuskan untuk drop out dan memilih pekerjaan.

Tahun Ketua Mpr Ri Bamsoet: Jangan Remehkan Teman Yang Jadi Anak Tangga Capai Kesuksesan

Setelah putus kuliah sebelum lulus, Bob Sadino kembali bekerja di Unilever selama beberapa tahun. Dia kemudian bekerja untuk perusahaan pelayaran Jakarta Lloyd dan bepergian ke luar negeri. Berikut ulasan lengkap karirnya sebelum terobosannya:

Selama bekerja di Jakarta, Lloyd Bob Sadino sering bepergian ke luar negeri, terutama ke Belanda dan Jerman, untuk meningkatkan kemampuan bahasa asingnya. Di sana dia memiliki lingkaran masyarakat yang luas, tetapi dia selalu berada di bawah tekanan untuk menjadi bos.

Akhirnya pada tahun 1967, Bob Sadino dan keluarganya kembali ke Indonesia. Dia menggunakan gaji dan warisan dari orang tuanya untuk membeli dua mobil Mercedes saat bekerja di Eropa, kemudian menjalankan bisnis persewaan mobil dan juga mengemudi. Beruntung, terjadi kecelakaan yang merusak sebuah mobil mewah.

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Kerusakan yang tidak disengaja pada mobil Mercedesnya sangat parah sehingga Bob Sadino tidak memiliki cukup uang untuk memperbaikinya. Untuk menghidupi keluarganya, ia akhirnya memutuskan untuk menjadi buruh bangunan.

Biografi Dan Profil Lengkap Bob Sadino Sebagai Tokoh Pengusaha Sukses…

Saat itu, upah harian Bob Sadino sebagai buruh bangunan hanya Rp. 100. Tekanan hidup yang ia alami hingga suatu saat temannya menyarankan agar ia mentraktirnya dengan peternakan ayam, dan dari situlah muncul inspirasi untuk memulai usaha peternakan.

Bob Sadino mungkin melihat peluang bisnis di luar negeri dengan telur dalam negeri yang berukuran lebih kecil. Ketiadaan modal mendorongnya untuk menghubungi sahabatnya, Pak Mulyono Herlambang, untuk mengirimkan 50 ekor ayam langsung dari Belanda.

Mengingat dirinya bukan mahasiswa S2 Peternakan, Bob Sadino belajar beternak ayam pedaging dari majalah peternakan Belanda. Berbekal senjata ini, pedagang aneh ini menjadi sukses dan menjual telurnya ke tetangganya.

Pengalamannya tinggal di Eropa dan kefasihan berbahasa Inggrisnya memudahkan Bob Sadino menjual telurnya ke tetangga yang kebanyakan orang asing atau ekspatriat. Karena daya tahan yang meningkat, penjualan meningkat dari beberapa menjadi puluhan kilogram per hari.

Analisis Swot Wirausahawan Indonesia

Setelah sukses besar menjual telur ayam, Bob Sadino kembali menyadari bahwa masih banyak peluang dalam sayur dan buah eksotik yang belum tersedia di Indonesia. Terakhir, ia memperkenalkan jagung manis, brokoli, dan semangka.

Ada pula Bob Sadino yang memperkenalkan budidaya sayuran hidroponik di Indonesia untuk menghasilkan sayuran segar. Meskipun tidak ada satu pun peternakan yang menerapkan sistem ini pada saat itu. Ia juga bekerja sama dengan petani lokal untuk mengembangkan agribisnis.

Bob Sadino akhirnya memulai perusahaannya sendiri pada tahun 1970 bernama Chem Chicks. Merupakan supermarket yang menawarkan berbagai produk makanan impor untuk masyarakat Jakarta. Lokasinya ada di Jalan Kemang Raya Street 3-5 ibukota.

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Melihat permintaan sosis yang terus meningkat, Bob Sadino mengambil kesempatan pada tahun 1975 untuk membuat Chemfood. Ini adalah pelopor industri pengolahan daging di Indonesia. Produknya yang paling populer adalah burger otot.

Wirausahawan Sukses Dan Inspiratif

Perusahaan Bob Sadino terbilang sukses jika melihat catatan dari awal tahun 1985 yang menunjukkan penjualan rata-rata stabil 40–50 ton daging segar, 60–70 ton daging olahan, dan 100 ton sayuran.

Bob Sadino tidak berhenti mengembangkan usahanya. Kali ini ia masuk ke sektor real estate bekerjasama dengan Agung Sedayu Group untuk mendirikan The Mansion di Kemang, sebuah pusat perbelanjaan, apartemen dan perkantoran.

The Mansion di Kemang menempati lokasi yang sama dengan Kem Chicks, yaitu di Jalan Kemang Raya 3-5 Jakarta. Bob Sadino menyelesaikan bangunan setinggi 32 lantai dengan 180 unit sewa dan 10 unit ruko.

Meski sukses dan menjadi pengusaha, Bob Sadino tetap ramah dan rendah hati. Pria yang suka memakai baju safari dan celana pendek ini juga dikenal sangat menyukai musik.

Quote Bijak Bob Sadino, Bikin Calon Pengusaha Muda Makin Sema

Menyusul kesuksesan tersebut, Bob Sadino kerap tampil di televisi nasional untuk memberikan semangat. Ia berbagi pengalaman suka dukanya dalam memulai bisnis kepada masyarakat umum. Berikut beberapa kutipan dari pengusaha berpenampilan aneh ini.

Kemudian pada Senin, 19 Januari 2015, ia meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit infeksi saluran pernapasan kronis.

Bob Sadino sendiri sempat tidak sadarkan diri selama 2-3 minggu terakhir. Selain usianya yang sudah tua, kondisinya justru semakin memburuk sejak kematian istrinya pada Juli 2014 lalu.

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Berikut biografi lengkap pengusaha sukses Indonesia Bob Sadino. Semoga perjalanan mereka memulai bisnis dari awal dapat menginspirasi Anda. Jika ditanya siapa saja pengusaha sukses Indonesia? Tentunya Bob Sadino akan menjadi salah satu nama yang disebutkan. Bob Sadino adalah seorang pengusaha Indonesia yang sukses memulai usahanya dari nol. Beliau adalah seorang pengusaha yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Dengan tampilan yang menarik dan sederhana, mereka menciptakan jaringan bisnis yang sejalan dengan konsep bernama Kemchik dan Kemcfood.

Daftar Biografi Pengusaha Sukses Di Indonesia Yang Inspiratif

Pria yang akrab disapa “Ombo” ini lahir pada 9 Maret 1933 di Lampung dari keluarga kaya raya. Hidup makmur Bob Sadino adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ketika orang tuanya meninggal, dia mewarisi kekayaan keluarganya seperti saudara kandungnya yang lain. Dengan warisan keluarga, dia telah berkeliling dunia sejak usia 19 tahun.

Bepergian keliling dunia, dia tinggal di Belanda selama sembilan tahun. Paman Bob juga bekerja di Jakarta Lloyd, sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pelayaran. Dia awalnya menetap di Amsterdam tetapi kemudian pindah ke Hamburg, Jerman. Saat tinggal di Belanda, Paman Bob bertemu dengan wanita yang ingin dinikahinya, Soylami Sjod.

Setelah menikah dengan Soylami pada tahun 1967, ia memberanikan diri untuk memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan kembali ke kampung halamannya. Ia membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan dengan hasil penjualan mobil Mercedes miliknya. Paman Bob kemudian memutuskan untuk hidup mandiri dari kerja kerasnya dan berhenti dari pekerjaannya. Sebuah ide membawanya untuk menyewa salah satu mobilnya yang tersisa untuk menghidupi dirinya dan istrinya. Namun, kecelakaan terjadi dan mobil petani rusak parah.

Setelah kejadian ini, Paman Bob dicuci otak lagi tentang cara mendapatkan uang lagi. Kemudian dia memutuskan untuk menjadi buruh bangunan dengan upah minimal 100 rp,-. Saat kondisi keuangan keluarganya memburuk, ia mengalami depresi dan stres berat. Lagipula siapa sangka dia masih berjuang untuk membahagiakan keluarganya.

Pengalaman Bisnis Dari Biografi Bob Sadino

Ketika kondisinya buruk, seorang temannya memintanya memelihara ayam untuk melawan depresi. Peternakan unggaslah yang menginspirasi kewirausahaan. Dia merawat ayamnya bagaimana mereka bertahan hidup, manusia bisa melakukan hal yang sama. Sebagai peternak ayam, Paman Bob dan istrinya setiap hari menjual beberapa kilogram telur. Mereka menjual telurnya di wilayah rumahnya yang tergolong rumah elit. Dengan banyak kerja keras dan kesabaran, dia akhirnya mendapatkan pelanggan. Meski tidak sering, selalu dikutuk oleh pelanggan.

Om Bob sukses mengembangkan bisnisnya berdasarkan pengalamannya terjun langsung ke lapangan saat menekuni bisnis telur. Hinaan dan hinaan yang sering ia terima semakin meningkatkan pelayanannya kepada pelanggannya. Melihat bisnis telurnya berjalan dengan baik, dia dan istrinya mencoba untuk melebarkan sayap ke industri daging. Keputusan terbaru ini diterima dengan baik oleh pelanggan mereka dan bahkan membuat mereka mendapatkan banyak pelanggan baru juga.

Mengetahui target pasarnya semakin meluas, Paman Bob akhirnya mendirikan supermarket bernama Kemchik’s pada tahun 1970. Setelah sukses mendirikan Kemchik, ia pun membuka supermarket lain bernama Kemcfood yang khusus menjual sosis dan olahan sosis. 10 tahun kemudian, Paman Bob kembali membangun supermarket, kali ini menjual sayuran terutama di Semarang. Dengan tujuan mulia bekerja sama dengan petani lokal, ia berhasil mengembangkan supermarket tersebut.

Sejarah Bob Sadino Memulai Usaha

Sebagai seorang pengusaha sukses, Bob Sadino adalah seorang pria sederhana yang tidak suka mempersulit. Menurutnya, jika bisa dilakukan dengan mudah lalu mengapa dilakukan melalui sistem yang sulit. Lebih lanjut menurutnya, kunci sukses yang sebenarnya adalah gagal terlebih dahulu. Semakin banyak Anda gagal, semakin besar kemungkinan Anda berhasil.Nama lengkapnya adalah Bob Sadino. Lahir di Lampung 9 Maret 1933, meninggal 19 Januari 2015. Dia dijuluki “Paman Bob”. Beliau adalah seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang pangan dan peternakan. Dia adalah pemilik KemFood dan KemChic Business Network. Dia sering terlihat mengenakan lengan pendek dan celana pendek.

Mengenal Tokoh Inspiratif Bob Sadino & Kata Kata Motivasinya


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *