Jualan Online Di Marketplace

Jualan Online Di Marketplace – Kini, selain maraknya toko online melalui Facebook dan Instagram, ada banyak platform pemasaran yang bisa Anda pilih untuk berjualan secara online. Setiap platform memiliki fitur dan pasarnya sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak pasar. Sebut saja Tokopedia, Bukalpak, OLX, Shopee dan lainnya.

Saat ini banyak orang yang memilih berbelanja di pasar karena banyaknya iklan. Selain itu, pemilihan produk juga berbeda.

Jualan Online Di Marketplace

Jualan Online Di Marketplace

Ini telah membawa semua pengusaha dari bisnis kecil hingga merek besar ke dalam platform pasar. Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membangun dan memasarkan toko online. Semua toko memiliki kepribadian mereka sendiri. Misalnya, Shopee memiliki lebih banyak pembeli wanita daripada pria, OLX menjual barang bekas, serta Tokopedia dan Bukalpak.

Tips Dan Cara Berjualan Di Marketplace Agar Membuahkan Hasil

Pelanggan memilih pasar karena keamanannya. Uang pembeli tidak akan jatuh, uang akan tertahan di pasar sebelum barang sampai. Jika barang sampai, penjual akan diberikan jumlah baru (kecuali OLX dan Shopee yang menyediakan layanan iklan dengan metode COD atau kontak langsung). Dengan begitu, konsumen merasa aman dan nyaman berbelanja.

Sebelum anda melihat trik sukses jualan online di suatu pasar, sebaiknya anda mengetahui jenis pasar itu sendiri. Ada 2 jenis pembeli di pasar, yaitu:

Konsumen yang “sadar harga” jarang mengunjungi situs web resmi pabrikan. Mereka suka berbelanja seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak. Oleh karena itu, toko Anda harus bisa bersaing harga dengan toko lain nantinya di pasaran.

Tempat penjualan ini bisa menawarkan kekurangan, karena tidak mau disebut sebagai distributor. Misalnya, jika Anda sedang berlibur di negara lain, belilah oleh-oleh khas negara tersebut. Ternyata kenangan itu hilang dan Anda harus membelinya lagi. Anda dapat membuka pasar untuk menemukan oleh-oleh khusus kota. Harga tidak menjadi masalah karena barang tersebut langka dan sulit ditemukan.

Cara Mudah Jualan Di Marketplace

Namun dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan kepada pelanggan, jumlah toko online yang berjualan secara online melalui marketplace juga banyak. Jika Anda tidak bisa bersaing dengan toko lain, maka akan sulit bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat memasarkan secara online?

Berikut 10 trik yang bisa Anda lakukan untuk berjualan online di pasar terbaik! Pilih nama toko yang unik dan mudah diingat

Lengkapi dasar-dasarnya terlebih dahulu, mulai dari nama toko, presentasi tampilan, deskripsi toko, tautan ke situs web online dan media sosial toko, jam operasional, dll. Ini penting dan diperlukan untuk toko Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda.

Jualan Online Di Marketplace

Gunakan nama toko yang unik dan mudah diingat pelanggan di pasar karena banyaknya toko online. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan pelanggan untuk mengingat toko Anda.

Tips Jualan Online Di Marketplace Lazada

Buat logo yang unik, kreatif dan mudah dilihat orang. Anda dapat menggunakan lingkaran merah atau kuning agar pelanggan dapat berhenti menggulir dan melihat toko online Anda. Jangan gunakan simbol ofensif dan acak. Karena logo dapat membawa kepercayaan kepada calon pembeli Anda.

Jika Anda bingung harus mulai dari mana, mulailah dengan Logo Maker App Free. Misalnya aplikasi kanvas dan pembuat label. Aplikasi ini paling mudah dibandingkan dengan menggunakan CorelDraw. Namun jika Anda bisa bekerja dengan CorelDraw, tidak ada salahnya membuat logo menggunakan software.

Anda bisa berjualan online di marketplace dengan melengkapi profil toko. Lakukan dengan cara yang akan membuat toko Anda unik dan mudah diingat. Profil toko yang sempurna juga akan membuat toko Anda terlihat canggih dan ramai sehingga orang tidak ragu untuk berbisnis.

Hal lain yang harus lengkap adalah deskripsi produk dan foto. Cantumkan dengan jelas informasi produk mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, bahan, stok, stok ready atau stok PO (pre-order), dll.

Tips Jualan Online: Strategi Laris Manis Di Marketplace

Mengapa informasi produk penting? Jika informasi produk Anda kurang lengkap, berarti calon pembeli harus bertanya terlebih dahulu kepada Anda. Jelas ini membutuhkan lebih banyak waktu. Jika pesaing memiliki informasi produk yang jelas, pembeli potensial lebih mungkin untuk pergi ke toko pesaing. Dengan memasukkan informasi yang cukup, Anda membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih lancar.

Salah satu hal yang bisa membuat konsumen curiga adalah foto produk yang tertempel di Google bukanlah foto “asli”. Gunakan foto asli untuk memberikan kepercayaan pelanggan dalam membeli produk dari Anda. Jangan gunakan foto orang lain di toko Anda. Mengapa? Karena ada undang-undang tentang plagiarisme dan hak cipta. Jika Anda tidak ingin bermasalah dengan hukum, tambahkan foto produk Anda sendiri. Buat gambar yang menarik pelanggan.

Gunakan juga foto beresolusi tajam dan gambar yang bagus agar orang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk Anda. Gunakan resolusi maksimal agar hasil foto terlihat tajam. Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia biasanya menggunakan foto produk dengan resolusi maksimal 2,1MB. Jadi jangan berlebihan, karena foto Anda tidak akan diunggah. Jika resolusi foto Anda lebih besar dari 2,1MB, Anda hanya perlu mengunggah foto produk Anda terlebih dahulu.

Jualan Online Di Marketplace

Cara menjual dan pemilihan jasa pengiriman juga bisa menentukan dibutuhkan atau tidaknya pemasaran online Anda. Dengan banyaknya pilihan jasa pengiriman, konsumen bebas menentukan kapan barang dapat diterima sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, terkadang beberapa jasa pengiriman menawarkan pengiriman gratis, seperti J&T dan Shopee serta Cicepat Regular dan Tokopedia.

Keuntungan Jualan Online Di Marketplace

Untuk kenyamanan berbelanja, Anda bisa memilih JNE, JNT, SiCepat, GoSend, Grab Instant, JNE Cargo (JTR), Vahana, dll. Semakin banyak iklan yang Anda tawarkan, semakin baik untuk bisnis Anda.

Tempat pasar adalah tempat di mana banyak penjual berkumpul dengan produk dan harga yang berbeda. Kemudian, konsumen akan lebih mudah memilih produk yang akan dibeli dengan mempertimbangkan berbagai faktor, salah satunya dari segi harga.

Jika Anda dapat menawarkan harga yang lebih murah, itu akan lebih baik. Jadi, sebelum menawar, analisa dulu harga kompetitor Anda.

Jadi, sebaiknya sebelum menetapkan harga jual online di pasar, lakukan riset terlebih dahulu mengenai harga pasar. Sehingga harga produk Anda bisa bersaing dengan toko lain.

Ini Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Jualan Di Marketplace Shopee

Untuk pemasaran yang efektif, cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan menawarkan promosi reguler. Promosi ini bisa berupa cashback, gratis ongkos kirim, potongan harga dan lainnya. Anda juga dapat membuat berbagai program periklanan. Misalnya promosi untuk pembelian pertama, bonus untuk pembelian selanjutnya, promosi untuk bundle, promosi untuk pertama kali pelanggan mengikuti toko Anda, dan lainnya.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan mengikuti acara yang diadakan di pasar tempat Anda berjualan, agar lebih banyak orang yang dapat melihat toko Anda.

Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda. Fitur iklan ini membantu konsumen membeli produk Anda. Lakukan riset pertama Anda, gunakan mesin pencari untuk mengetahui kata kunci produk apa yang dicari pelanggan.

Jualan Online Di Marketplace

Marketplace sering memberikan pendapatan iklan gratis untuk toko Anda jika Anda mengiklankan produk yang sering Anda jual. Dan pertahankan biaya per klik, ya, agar Anda tidak menambah uang untuk iklan.

Judul Jualan Di Marketplace Facebook Narget Audience Terbaikmu |

Tetapkan jam buka toko di pasar Anda, misalnya, dari pukul 08.00 hingga 16.00. Jadi saat itu, Anda harus siap menjawab pertanyaan pelanggan. Anda juga dapat mengatur fitur “quick response” di toko Anda jika toko Anda di luar jam kerja.

Beberapa pasar memiliki persentase dan waktu respons obrolan. Semakin tinggi nomor plot, semakin baik. Jika Anda memberikan pelayanan yang baik maka rating dan review pelanggan juga bisa lebih baik sehingga lebih banyak orang yang bisa melihat toko Anda.

Anda berjualan secara online dan di marketplace, lalu hadiah dari marketplace untuk mempromosikan toko Anda, jangan berpikir dua kali. Terima penawaran secara instan. Karena pembeli akan tertarik dengan toko yang sudah memiliki merek penjual. Seperti Shopee, jika penjualan online Anda memiliki lebih dari 30 pesanan berbeda dalam sebulan dan tingkat penjualannya bagus, misalnya server respons obrolan cepat, biasanya Shopee memilih Anda, kata Dealer Bintang. Di Tokopedia, jika Anda mengisi profil dengan lengkap dan mengunggah foto KTP, toko Anda bisa menjadi penjual listrik secara instan. Apa pun yang Anda pikirkan, gunakan langkah-langkah ini untuk membuat toko online Anda laku lebih baik.

10 trik ini akan meningkatkan penjualan dan pemasaran online Anda. Anda perlu memperbarui paket yang disediakan oleh Marketplace. Periksa informasi dari pasar yang dikelola toko Anda, ya, itu akan memberikan informasi dan tindakan lain agar toko Anda tetap laris.

Mudahnya Jualan Online Di Facebook Marketplace, Berani Coba?

Apakah Anda masih bingung? Tenang! Menawarkan layanan untuk membantu Anda mengembangkan pemasaran digital agar berfungsi lebih efektif sebagai media sosial untuk bisnis Anda. Silakan kirim email kepada kami, atau hubungi kami melalui WhatsApp. Harap dicatat bahwa bukan penjualan barang atau penggunaan layanan apa pun yang dikenakan PPN. Namun, kewajiban membayar PPN hanya untuk pengusaha yang memiliki omzet 1 tahun lebih dari Rp 4,8 miliar dan bersertifikat Pengusaha Kena Pajak (PKP). Usaha kecil yang omzetnya tidak melebihi Rp 4,8 miliar juga bisa memilih untuk dinilai sebagai PKP. Setelah menyelesaikan PKP, pengusaha wajib menghitung, memungut, menyetor, dan melaporkan PPN. Jadi, mengapa menjual online

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 31 Desember 2019 Menteri Keuangan Republik Indonesia Smt. Mulani menyetujui ketentuan pajak khusus untuk pelaku e-commerce, yakni Peraturan Menteri Keuangan No. 210/PMK.03/2018 yang dimulai. 1 April 2019. Namun sebelum undang-undang tersebut berlaku, undang-undang tersebut dicabut pada 29 Maret 2019 setelah menimbulkan perdebatan di berbagai kalangan. Meskipun tidak ada penjelasan dalam undang-undang tentang perubahan tarif atau perbedaan ketentuan pajak bea cukai. Undang-undang mengatur aktivitas penyedia platform di pasar hanya terkait dengan pengumpulan pajak.

Waktu

Jualan Online Di Marketplace


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *