Konten Marketing Yang Menarik

Konten Marketing Yang Menarik – Itu adalah salah satu metode pemasaran yang paling banyak digunakan oleh bisnis di era digital seperti saat ini. Nah, dalam pemasaran media sosial, ini disebut konten.

. Content marketing atau pemasaran konten dianggap sebagai model yang paling efektif untuk mendapatkan pelanggan setia dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Konten Marketing Yang Menarik

Konten Marketing Yang Menarik

Adalah strategi pemasaran yang menggunakan konten, baik gambar, video, audio atau rekaman dengan properti yang berbeda. Entah itu menghibur, mendidik atau emosional. Setidaknya ada dua tujuan utama dari jenis rencana yang menarik ini.

Menarik Pelanggan Dengan Website Marketing Strategi

Karena yang terpenting dalam konten hanya satu hal yaitu menarik. Jika kontennya tidak membuat Anda ingin mendengarkan, maka Anda perlu berusaha.

, mari kita bandingkan dengan model pemasaran standar. Dalam strategi pemasaran tradisional, promosi suatu produk atau layanan dilakukan melalui saluran periklanan. Harapannya agar yang melihat iklan tersebut tertarik dengan produk tersebut dan melakukan pembelian.

Secara teori, strategi ini tampaknya berhasil dengan baik, tetapi dalam praktiknya, orang yang tidak dipromosikan dalam sistem periklanan melihatnya sebagai pengalih perhatian dan penarik. Tingkat

Ini jelas berbeda dengan strategi content marketing. Meski tujuannya sama, untuk mempromosikan produk atau jasa, strategi pemasaran ini menggunakan konten yang bermanfaat untuk menjual produk Anda.

Kesulitan Membuat Konten Bisnis Menarik? Berikut Tipsnya!

Sekarang mari kita lihat mana yang lebih menarik: iklan produk atau konten informasi yang berisi iklan?

Pilihan kedua tentu saja lebih memikat dan membuat orang mau mendengarkan, bukan? Itu sebabnya strategi pemasaran konten dianggap paling efektif.

Karena hanya dapat memberikan informasi yang bermanfaat, strategi ini akan membuat orang tertarik untuk membagikannya kepada orang lain. Inilah sebabnya mengapa promosi konten lebih mudah diakses

Konten Marketing Yang Menarik

Yang unik adalah bahwa rencana ini memiliki. Untuk bisnis yang menggunakan metode pemasaran tradisional untuk berpromosi, tingkat pembelian akan meningkat seiring penyebaran iklan mereka. Namun begitu waktu siklus berakhir, jumlah pembelian akan berkurang lagi.

Ristiwahyuni 19411192 Mnj19b Notulen

Bantu promosikan produk kepada orang yang anda kenal sehingga meskipun konten marketing yang mereka baca pertama kali diganti dengan konten lain, orang akan menggunakan produk yang dipromosikan tersebut.

Manfaat banyak orang yang akan terus membaca dan membagikan konten. Hasilnya jelas lebih efektif daripada yang pasang iklan biasa kan?

Setelah membaca ulasan di atas, tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan

) akan mempengaruhi angka penjualan. Bagi usaha kecil dan menengah, hal ini tentunya akan memberikan keuntungan yang besar. Sebab, selain bisa menyajikan konten informasi yang bisa menarik, strategi digital marketing saat ini menjadi strategi yang bisa disebut “must have” bagi para pelaku UKM yang tidak ingin ketinggalan zaman. . Akses yang mudah dan alat yang murah adalah tulang punggung yang kuat dalam menggunakan pemasaran digital sebagai platform pemasaran. Kita lihat para pebisnis sekarang berbondong-bondong ke digital marketing dan saya yakin mereka adalah teman-teman pebisnis kecil menengah yang sedang membaca artikel ini. Mereka mencoba memasarkan produknya menggunakan berbagai platform, dari yang paling sederhana seperti mengirim pesan hingga yang lebih kompleks seperti pembuatan dan pengoptimalan situs web.

Ide Konten Menarik Untuk Content Marketing

Berbekal kemampuan mendidik dan mendidik diri sendiri, mereka akan mencoba peruntungan, berharap bisa menikmati hasil panen internet dengan menjual produknya. Banyak yang berhasil, ya, tapi sayangnya banyak yang berhenti dan menyerah karena tidak menghasilkan penjualan apa pun untuk bisnisnya.

Kita semua tahu bahwa dunia pemasaran digital memang memiliki potensi pemasaran yang sangat besar. Menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), berdasarkan survei yang dilakukan pada April 2019, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 171 juta. 264 juta penduduk Indonesia atau sekitar 64,8 persen telah terkoneksi dengan internet (sumber: Kompas.com). Menurut Bank Indonesia, pada tahun 2019, jumlah transaksi online setiap bulannya mencapai 13 juta rupiah (Sumber: Tempo.com). Artinya, pasar digital di Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial. Wajar jika usaha kecil dan menengah mencoba menggunakan platform pemasaran digital untuk menjual produk mereka.

Tidak semua UKM bisa sukses di dunia digital marketing. Setidaknya itu pengamatan dan pengalaman saya di dunia digital marketing. Tentu ada banyak alasan, mulai dari talent pool yang perlu dipromosikan hingga strategi yang tidak terorganisir. Mereka berharap ada penjualan melalui akun media sosial mereka dengan hanya memposting foto produk dan langsung mencantumkan harga jual di sana. Setiap hari posting dari jenis yang sama. Akibatnya, belum lagi menjual produk, pemirsa meninggalkannya.

Konten Marketing Yang Menarik

Tidak, mereka yang menghubungi saya mengeluhkan hal yang sama, mereka sudah menggunakan jejaring sosial A, jejaring sosial B, tetapi mengapa tidak ada penjualan? Sebagai seorang profesional di dunia pemasaran digital, saya pasti sedikit terkejut dan geli ketika melihat akun mereka. Di lubuk hati saya yang paling dalam, saya berkata, ya tentunya tidak ada beli, orang menulis setiap hari, hanya jualan. Bagaimana Anda ingin menjual produk itu?

Meningkatkan Penjualan Toko Online Archives

Itu sebabnya mitra ritel UKM yang menggunakan saluran pemasaran digital dan saluran offline menghadapi masalah dan model yang sama. Bedanya hanya di lingkungan.

Bayangkan jika saya adalah seorang penjual panci. Sebagai pedagang pot, saya sering berurusan dengan penjualan pot dari pintu ke pintu. Jadi, saya pergi dari rumah ke rumah, ternyata saya sampai di rumah teman dari UKM, saya ketuk pintu dan berikan pot. Tapi sayangnya teman saya sudah punya panci di dapur jadi kami ditolak.

Kira-kira, sebagai penjual saya bisa lepas dari penolakan Sobat UKM? Yah, pasti jangan menyerah. Sebagai seorang salesman, saya diajarkan untuk tidak menyerah dan terus berusaha. Keesokan harinya, pada jam yang sama seperti kemarin, saya kembali ke rumah teman UKM saya dan mengetuk pintu. Teman membuka pintu untuk kedua kalinya. Saya pun memperkenalkan produk andalan saya berupa pot untuk dijual. Dan lagi teman-teman saya juga bisa menolak tawaran saya, karena di dapur mereka sudah memiliki panci favorit mereka, tanpa lubang, penyok, dan mungkin tidak akan ada ruang.

Saya menyerah? Tentu saja tidak. Keesokan harinya saya pergi ke teman lain dari UKM dan mengetuk pintu. Melihat melalui jendela yang terbuka, teman-teman memperhatikan bahwa itu adalah saya lagi, penjual pot. Kira-kira apakah Sobat UKM akan membuka pintunya lagi atau tidak? Saya percaya jawabannya adalah tidak! Atau mungkin teman hanya masuk ke kamar dan berpura-pura tidak mendengar.

Contoh Content Marketing Di Instagram Yang Cocok Untuk Small Business

Begitu pula dalam digital marketing, jika setiap hari kita menerbitkan postingan yang hanya menjual produk, maka lambat laun pelanggan kita akan bosan. Mereka sudah paham mengapa kita berjualan tanpa pemasaran setiap hari di media sosial. Jika Anda melakukan hal seperti di atas, pelan-pelan, percaya atau tidak, akun Anda akan di-unfollow.

“Hei, saya menggunakan media sosial untuk menjual produk. Apakah itu berarti Anda tidak bisa menjual seperti itu? Jika Anda tidak bisa menjual sepanjang waktu, bagaimana orang mau membeli produk saya?”

Saya paham pertanyaan ini pasti akan ada di benak sobat UKM. Jangan emosi dulu, bisa jualan di jejaring sosial, toh ini akun teman-teman, tapi jangan mengeluh tidak ada yang beli, karena lambat laun para penggemar teman-teman UKM pasti akan bosan dan mulai. pergilah.

Konten Marketing Yang Menarik

Teman-teman UKM yang budiman, jangan terus-terusan mendesak seperti warganet tetangga. Tidak sulit untuk mengatakan bahwa tidak keren jika mereka mengatakannya. Nah sobat, pemasaran melalui jejaring sosial membutuhkan strategi yang berbeda, kita tidak bisa menjual setiap saat, apalagi akun media sosial masih merupakan akun “anak” yang sedikit orang tahu dan tidak memiliki banyak pelanggan. Jadi pada tahap awal sebaiknya sobat UKM memperbaiki apa yang disebut dengan strategi content marketing agar pemasaran sobat lebih efektif.

Bagaimana Membuat Konten Marketing Yang Menarik?

Promosi konten adalah strategi pemasaran di mana kami merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang dapat menarik audiens target yang tepat dan kemudian mendorong mereka untuk menjadi pelanggan (sumber: guideim.com). Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan konten iklan adalah untuk menarik pemirsa (viewer) baru agar mengenal bisnis dan produk kita. Sedangkan tujuan sekundernya adalah untuk mendorong atau mengajak mereka menjadi pelanggan.

Langkah pertama yang dapat diambil afiliasi UKM untuk menciptakan pemasaran konten yang efektif adalah mengidentifikasi afiliasi potensial yang berharap untuk membeli produk. Setelah mengenal siapa mereka, kenali dulu dengan baik, misalnya apa kebutuhan produk yang akan sobat UKM tawarkan? Media apa yang biasa mereka gunakan? Apa yang mereka pilih untuk dipelajari? Apa konten media sosial favorit mereka? Dan hal-hal lain.

Tugas kita dalam mengidentifikasi target audiens adalah menentukan konten seperti apa yang akan kita gunakan dalam kampanye pemasaran, dan media apa yang akan kita gunakan. Sekarang setelah kita mengetahui audiens potensial kita, langkah selanjutnya adalah membuat konten pemasaran.

Saat membuat konten untuk iklan, ada banyak template yang bisa kita gunakan. Pola yang pertama adalah sobat UKM bisa membuat konten yang bermanfaat untuk target audiensnya. Konten yang bermanfaat meliputi: konten informatif seperti tips atau panduan produk; konten hiburan, seperti cerita tentang seseorang yang unggul dalam sistem pangan saat mengonsumsi produk kami; konten edukasi yang menjelaskan perawatan produk saat digunakan oleh konsumen; atau cari konten yang menampilkan banyak testimonial dari pelanggan yang telah menggunakan produk kami.

Strategi Content Marketing Untuk Perkembangan Bisnismu!

Selain dari aspek bantuan, Sahabat UKM bisa membuat konten pemasaran sesuai dengan tujuannya, seperti konten brand awareness. Dalam konteks ini, UKM dapat menggunakan keempat jenis konten yang disebutkan di atas untuk meningkatkan brand awareness. Prinsip dalam konteks


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *