Tips Beli Laptop Bekas Online

Tips Beli Laptop Bekas Online – Tips membeli laptop bekas yang berkualitas – Bagi Anda yang ingin membeli laptop namun memiliki budget yang minim, Anda perlu membeli laptop bekas. Eits, jangan salah, tidak semua laptop bekas berkualitas buruk, nyatanya banyak juga laptop bekas yang memiliki kualitas bagus.

Selain kualitasnya bagus, terkadang ada juga sebagian orang yang menjualnya dengan harga murah, kebanyakan karena butuh uang. Walaupun banyak sekali ahli komputer dan laptop, namun mereka lebih memilih untuk membeli laptop bekas daripada yang baru.

Tips Beli Laptop Bekas Online

Tips Beli Laptop Bekas Online

Karena belakangan ini banyak juga yang menjual laptop, namun spesifikasi dengan deskripsi berbeda. Ini sama saja dengan penipuan, dimana spesifikasi laptop tidak sesuai dengan yang tertulis saat penjualan. Jadi lebih baik beli saja laptop bekas.

Lenovo Thinkpad X250: Kelebihan, Kekurangan Dan Tips Sebelum Membeli

Jika anda orang awam yang ingin membeli laptop bekas tapi tidak tahu tips membeli laptop bekas yang bagus dan berkualitas. Silahkan masuk ke cara-cara di bawah ini, dijamin bisa membantu Anda mengecek kondisi laptop yang ingin dibeli.

Jadi hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek harga laptop second yang kamu cari, jadi cek dulu harga aslinya. Tentunya jika ada yang menjual laptop second dengan harga yang jauh dari harga aslinya, walaupun itu laptop biasa, maka hal ini patut dicurigai.

Kecuali jika teman Anda sendiri menjualnya karena Anda adalah teman baik atau teman dekat, wajar jika Anda bermurah hati. Namun jika Anda tidak tahu, tetapi harganya sangat miring, maka mungkin itu adalah barang yang rusak dan bisa jadi itu adalah laptop curian.

Karena memang banyak yang seperti itu, tapi untuk memastikan rusak atau tidak silahkan dilihat. metode selanjutnya ini. Cek Fisik Laptop

Tips Jual Laptop Bekas Di Internet, Nomor 2 Hits Banget

Selanjutnya silahkan lihat fisik laptop untuk memperhatikan kondisi laptop, jika ada goresan sedikit namun tidak mempengaruhi kinerja laptop maka hal tersebut wajar saja dan anda tidak perlu khawatir.

Kecuali jika terdapat lecet pada monitor atau layarnya, maka Anda perlu berhati-hati karena merupakan bagian vital. Jika rusak sedikit saja, bisa menyebar kemana-mana di seluruh bagian layar. Tips membeli laptop bekas berkualitas dengan mengecek fungsi keyboard

Ini juga bagian vital karena sangat fatal jika ada bagian keyboard yang rusak. Perhatikan bahwa harga keyboard internal juga mahal, jadi Anda perlu memeriksa bagian ini. Silakan coba semua tombol pada keyboard.

Tips Beli Laptop Bekas Online

Jangan lupa untuk mengecek spesifikasi laptop juga. Silahkan masuk pada menu Explorer, lalu klik My Computer, kemudian klik Properties untuk melihat spesifikasinya.

Tips Membeli Laptop Bekas

Silahkan dilihat apakah cocok dengan box laptopnya jika ada, atau cocok dengan postingan penjualnya. Jika berbeda, maka Anda harus mencurigainya. Coba cocokkan jika ingin membeli laptop bekas. Periksa kinerja laptop

Hal selanjutnya yang harus dicoba adalah mengecek performa laptop. Misal coba jalankan beberapa aplikasi berat, misal ada game, coba gamenya. Kemudian tunggu beberapa saat, agak memakan waktu, dan lihat apakah laptop tersebut mengalami perbedaan atau penurunan kualitas atau tidak.

Jika ya, maka Anda tidak sabar untuk membeli laptop bekas dan Anda bisa mencari yang lain. Lihat kondisi baterai

Tips terakhir silahkan lihat baterai laptop, caranya sama seperti di atas, jadi kita coba aplikasi yang berbeda lalu monitor juga baterainya. Apakah masuk akal untuk menguranginya?, atau berlari kencang.

Tips Membeli Laptop Bekas Dengan Budget Terbatas

Kita perlu tahu case baterai atau tidak. Jika itu normal, maka belilah. Pilih laptop bekas yang tidak akan bertahan terlalu lama

Semakin lama digunakan, performa gadget baik laptop, smartphone, tablet pasti akan semakin menurun. Jadi, jika ingin membeli laptop bekas, usahakan untuk tidak menggunakan laptop bekas tersebut dalam waktu yang lama.

Saya punya saran jika laptop sudah lama digunakan, mungkin kurang dari 1 tahun. Jika laptop sudah digunakan lebih dari 1 tahun, coba cari yang lain. Periksa Semua Perangkat Keras

Tips Beli Laptop Bekas Online

Terakhir, Anda bisa mengecek performa hardware secara umum apakah bisa bekerja normal atau tidak. Mulai dari soket, LCD, wireless, charger, dan lain-lain, cek semuanya satu per satu, jangan terburu-buru.

Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Membeli Laptop Baru, Jangan Langsung Dipakai

Jika semuanya benar-benar aman, Anda dapat menanyakan laptop, dan jika salah satunya tidak normal, Anda dapat mencari yang lain.

Nah, itulah beberapa cara membeli laptop bekas berkualitas baik. Pastikan Anda mendapatkan laptop yang masih bagus, hardware, sistem, fisik dan kondisi lainnya. Tugas di sekolah atau bekerja di kantor wajib menggunakan laptop. Namun, situasi keuangan memburuk. Salah satu solusinya, Anda bisa membeli laptop bekas. Sekarang banyak laptop bekas murah tapi berkualitas.

Laptop yang dijual bekas bukan berarti rusak. Sama seperti smartphone, terkadang pemiliknya bosan sehingga menggantinya dengan laptop baru. Nah, laptop seperti ini biasanya masih berkualitas dan bagus. Anda dapat menghemat banyak uang dengan membeli laptop bekas, tetapi seperti laptop baru.

Meski demikian, jangan buru-buru membeli laptop. Sebaiknya lakukan riset terhadap merek laptop yang akan dibeli. Anda dapat menemukan semua informasi tentang laptop target Anda. Kemudian cek harga pasaran laptop tersebut agar tidak terlalu mahal.

Beli Laptop Baru? Ini Tips Memilih Laptop & Kesalahan Yang Perlu Dihindari!

Saat Anda membeli laptop bekas, tentu salah satu alasannya karena keterbatasan biaya atau budget. Misalnya Anda hanya memiliki budget Rp 3 jutaan, maka cari saja laptop yang tidak terlalu mewah, namun performanya bagus.

Selain itu, Anda tidak perlu berharap banyak, misalnya bermain game dengan lancar, desain grafis, hingga rendering video. Karena laptop dengan harga segitu sudah lumayan standar.

Kalau mau beli laptop gaming bekas Rp 3 jutaan ada, tapi harus nanya. Kenapa harganya bisa turun drastis? Apakah ada kerusakan atau penjual memang butuh uang.

Tips Beli Laptop Bekas Online

Kami menyarankan Anda terlebih dahulu menentukan untuk apa Anda membeli laptop kedua. Misalnya, Anda memerlukan laptop untuk bekerja, menjelajahi Internet, atau menyimpan file penting. Jika kebutuhan Anda seperti ini, Anda bisa membeli laptop dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB, prosesor lebih dari 1 GHz.

Kumpulan Berita Seputar Laptop

Lain halnya jika Anda suka mendownload video, audio, game, film, grafik, pekerjaan kantor yang rumit, maka Anda membutuhkan laptop bekas dengan RAM minimal 4GB dan prosesor minimal 2 GHz.

Nah, bagi Anda yang ingin mengedit video atau gambar dengan waktu rendering yang lama, menghasilkan musik, memainkan game beresolusi tinggi, setidaknya Anda memerlukan laptop RAM 6 GB dengan prosesor 4 GHz ke atas.

Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, tentukan merek, spesifikasi, ukuran, hingga tingkat portabilitasnya. Anda bisa mencari laptop murah dengan spesifikasi bagus. Jika digunakan, tinggal seberapa pintar Anda bernegosiasi.

Jika menurut Anda spesifikasi laptop tersebut bagus dan dijual relatif murah, maka langsung hubungi penjualnya. Tanyakan apakah harga masih bisa nego. Kemudian lanjut gali kelebihan dan kekurangan dari laptop tadi.

Tips Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Bekas

Sebelum itu, Anda harus mencari referensi laptop tersebut di berbagai situs berita teknologi dalam dan luar negeri. Bila perlu, cari informasi mengenai laptop di berbagai forum dan komunitas.

Spesifikasi laptop yang perlu diperhatikan adalah prosesor, RAM, memori HDD atau SSD, kesehatan baterai, versi Windows, software, dan lain-lain.

Anda tidak terburu-buru membeli laptop yang masih mulus. Cari tahu dulu berapa harga pasarnya. Mungkin saat harga baru mahal, tapi lama-lama jadi murah.

Tips Beli Laptop Bekas Online

Cek juga website official laptop, kemudian berbagai toko online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JDiD, Shopee, Blibli, dan lainnya. Jangan lupa juga cari harga laptop bekas di forum-forum di Facebook, OLX, Kaskus, dll.

Lenovo Thinkpad Core I5, Ram 8gb, Ssd Technology

Anda harus selalu waspada karena laptop bekas yang murah belum tentu memiliki internal yang bagus. Misalnya, laptop baru dihargai Rp 15 juta. Kemudian laptop tersebut dijual murah seharga Rp 3 jutaan. Anda harus waspada karena bisa saja itu scam.

Biasanya, harga laptop baru hingga bekas turun sekitar 30 persen. Jika laptop masih digunakan selama 1-3 tahun. Namun jika laptop tersebut keluaran lama, kemungkinan harganya akan sangat murah.

Anda bebas menentukan apakah ingin membeli laptop dari dealer (toko laptop bekas) atau membelinya dari penjual perorangan. Di retailer biasanya laptop masih bagus dan mulus. Kemudian pedagang menawarkan garansi atau jaminan dengan berbagai metode pembayaran, termasuk kredit. Sayangnya, harga laptop bekas semakin lama semakin mahal.

Jika Anda membeli laptop bekas secara terpisah, tidak ada jaminan, pembayaran tunai dan kemungkinan penjual tidak jujur. Namun harga laptop tersebut jelas lebih murah karena penjualnya mungkin tidak mengetahui harga pasaran laptop bekas.

Net Computer Depok

Walaupun sekarang semuanya sudah online, untuk menjaga keamanan lebih baik membeli laptop dengan sistem meet-up atau COD. Jika sistem COD di toko online, barang dikirim terlebih dahulu, setelah sampai di alamat tujuan, uang ditransfer.

Namun pada COD versi lama, penjual dan pembeli harus bertemu di lokasi yang telah ditentukan. Misalnya Anda bertemu di pusat perbelanjaan atau di kafe. Di sana Anda bisa leluasa mengecek laptop yang Anda beli. Anda juga bisa datang langsung ke rumah penjualnya.

Lebih baik terbuka satu sama lain sehingga tidak ada yang terluka. Apalagi harga laptop bekas juga tidak murah. Jika ditipu, tentu uangnya hanyut begitu saja.

Tips Beli Laptop Bekas Online

Oh ya, COD tidak di pinggir jalan, karena yang dibeli adalah laptop. Sesuatu seperti itu pasti akan menjadi pusat perhatian. Ketakutan bahwa seseorang memiliki niat buruk dan akan menjepret laptop Anda. Jadi lebih baik bertemu di tempat yang nyaman, seperti kafe, restoran atau rumah.

Laptop Bekas Murah Bali

Setelah ketemu penjualnya, langsung cek laptopnya sepuasnya. Namun sebelum itu, periksa setiap sudut laptop, cium apakah terbakar atau tidak, ketuk keyboard dan tombol satu per satu, dan buka penutup berengsel secara perlahan, pastikan tidak rusak.

Selanjutnya, periksa casing laptop, monitor, speaker, keyboard, trackpad, drive CD, post USB atau port lain, webcam, kabel adaptor, dan coba laptop tanpa kabel adaptor.

Untuk mengetahui sistem, software dan internal laptop, Anda bisa membukanya melalui perintah run, lalu masukkan dxdiag. Amati semua spesifikasi laptop mulai dari sistem hingga input output. Cek juga apakah software di dalamnya bajakan atau resmi.

Cobalah untuk mendapatkan perangkat lunak asli agar Anda tidak mengalami masalah di kemudian hari. Namun, jika memang ada produk bajakan atau crack, mintalah bantuan

Perhatikan Hal Ini Ketika Kalian Membeli Laptop Bekas


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *