Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula – Berbicara tentang rumus dasar Excel, sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan software Microsoft Excel. Excel adalah aplikasi spreadsheet dasar yang digunakan kebanyakan orang. Excel memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang memudahkan Anda menggunakannya. Selain itu, Microsoft Excel memiliki format paling populer dan fleksibel di antara perangkat lunak spreadsheet sejenis lainnya.

Fungsi utama Excel adalah untuk melakukan perhitungan, sehingga banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini. Apa pun karir Anda, keterampilan komputer pasti dibutuhkan. Fitur dan rumus di Excel serta rumus yang sangat berguna untuk melakukan analisis data dan aktivitas termasuk entri data, manajemen data, akuntansi, dll.

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

Oleh karena itu, Excel adalah alat yang ramah pengguna dan mudah dipelajari untuk ilmuwan data pemula. Ada banyak fungsi jika Anda mencari di Excel, mulai dari perhitungan dasar hingga perhitungan yang rumit.

Cara Cepat Untuk Menghapus Data Duplikat Excel Yang Anti Ribet!

Bagi pemula mungkin akan bingung, namun untuk mulai belajar Excel bisa dimulai dengan rumus-rumus dasar Excel yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pernahkah Anda bingung mencari nama tanggal saat mengolah data menggunakan Excel? Apakah Anda harus membuka kalender untuk menemukan nama hari? Dengan Excel, Anda tidak perlu melakukan ini karena Excel memiliki rumus untuk mengonversi tanggal menjadi hari menggunakan rumus TEST.

Selain digunakan untuk mencari nama hari, rumus TEST juga bisa digunakan untuk mencari nama bulan. Jika kita mencari nama hari kita menggunakan format “DDDD”, sedangkan mencari nama bulan kita menggunakan format “MMMM”. Agar lebih mudah memahaminya, simak video berikut ini!

Excel memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengubah format data. Selain menggunakan fitur menu bar, kita juga bisa menggunakan rumus TEXT untuk mengubah format teks .moen. Mari kita lihat contoh berikut!

Belajar Ms Excel 2016 Untuk Pemula #bagian 1: Memulai Lembar Kerja

DATEVALUE(date_text) adalah rumus Excel yang digunakan untuk mengonversi tanggal dalam format teks menjadi nomor seri yang mewakili tanggal. Rumus DATEVALUE dapat mengubah format tanggal serta merujuk ke sel yang berisi “data teks”.

DATEVALUE sangat berguna untuk menghitung, memfilter, atau memilih tanggal yang disimpan sebagai teks dan mengubah “tanggal teks” tersebut menjadi format tanggal.

Salah satu kegunaan dari rumus ini adalah untuk mendapatkan kode unik dari tanggal tersebut. Untuk menghindari kebingungan, lihat contoh di bawah ini!

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

NETWORKDAYS adalah fungsi Excel yang akan membantu kita menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. Kita dapat menggunakan fungsi ini saat menghitung jumlah hari kerja yang tersisa. Jadi ingat, akhir pekan dan hari libur tidak dihitung! Biar gak bingung, tonton videonya di bawah ini!

Cara Membuat Tabel Di Excel Untuk Pemula

Mari kita ajarkan rumus-rumus dasar Excel! Pelajari rumus dan fitur Excel dengan modul dari ! Modul-modul tersebut disusun oleh para ahli di bidangnya sehingga materi yang akan dipelajari tidak perlu diragukan lagi.

Ingin menguji kemampuan Excel Anda? Bisa! Coba kuis mini. Caranya mudah, daftar sekarang lalu pilih menu Quiz. Nikmati pengalaman belajar yang seru dan bersenang-senang bersama Excel dengan mencoba modul Platinum Excel untuk menguji kemampuan Excel Anda yang bisa Anda akses selamanya. Baru menggunakan Microsoft Excel? Jika iya, cara membuat tabel di excel adalah hal pertama yang harus dikuasai sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

Salah satu fungsi utama MS Excel adalah menyederhanakan data dalam tabel yang jelas dan mudah dipahami.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami cara membuat tabel di Excel. Faktanya, keterampilan ini termasuk yang paling diminati di era digital.

Rumus Dasar Excel Untuk Admin Yang Harus Dipelajari

Terutama departemen pemasaran dan administrasi di perusahaan jasa atau komersial membutuhkan karyawan dengan keahlian dalam program Excel.

Meski tidak semua jenis pekerjaan diperlukan untuk mengontrolnya, tetap berguna untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran pribadi agar keuangan lebih stabil.

Selain itu, tabel Microsoft Excel juga dapat diartikan sebagai kumpulan kolom dan baris yang disusun dalam sebuah tabel atau lembar kerja.

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

Nah, sudah tahu kan apa itu deskripsi dan fungsi tabel Excel? Selanjutnya bagi yang masih bingung cara membuat tabel di Excel, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

Cara Membuat Perkalian Di Excel

Setiap pengguna memiliki perhatian yang berbeda terhadap jadwal yang dibuatnya. Ada yang untuk meringkas data pribadi, data penjualan, data karyawan dengan berbagai jenis tabel.

Sebelum membuat laporan dalam tabel Excel, langkah pertama adalah menyiapkan data agar dapat dimasukkan dalam satu arah (buat tabel dan isi kolom).

Selesai, sekarang tambahkan tabel baru ke laporan yang Anda buat. Jika kolom diklik, tombol dengan lebih banyak opsi rumus akan muncul.

Selanjutnya kita akan masuk ke cara membuat tabel di excel dengan formula agar tampilan data lebih menarik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Menjumlahkan Ke Samping Di Excel

Anda juga dapat mengubah warna dengan memilih Kelola Aturan. Nah, sekarang tampilan mejanya sangat menarik bukan?

Jadi, apakah Anda mengerti cara membuat tabel di Excel? Dengan membaca ulasan di atas, Anda pun mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk memodifikasi tampilan tabel agar lebih menarik.

Sebelum mengakhiri artikel ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan Microsoft Excel dibandingkan dengan program pengolah angka lainnya seperti Kspread atau Gnumeric.

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

3. Proses memasukkan data ke dalam tabel sangat mudah, selain itu dapat menambahkan baris dan referensi tabel yang dibuat sebelumnya.

Cara Cepat Belajar Microsoft Word Untuk Pemula (+gambar)

Selain 4 list di atas, keunggulan Excel lainnya adalah dapat mendukung 1 juta baris data, 16 ribu kolom dalam 1 sheet. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengguna yang tidak bisa berpaling dari software besutan Microsoft ini.

Tabel pada Microsoft Excel dibuat dengan fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Namun, sebagian besar menggunakannya untuk mengumpulkan data penjualan di perusahaan atau bisnis perorangan.

Dengan mengetahui cara membuat tabel di Excel dengan benar, semuanya bisa dilakukan dengan lebih mudah dan teratur. Selain itu, memahami berbagai trik di Microsoft, terutama Excel, akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Selamat mencoba Microsoft excel adalah perangkat lunak berbasis spreadsheet paling kuat di kelasnya dan memiliki 1.084.576 baris dan 16.384 kolom. Meski begitu, excel tetap ringan dan tidak memakan banyak ruang di RAM PC dibandingkan dengan software sejenis lainnya yang menggunakan ruang RAM cukup banyak. Microsoft Excel sangat populer di bidang akademik dan perkantoran untuk pengolahan data. Microsoft Excel juga menyediakan banyak fungsi, mulai dari Excel dasar hingga rumus lanjutan dan pintasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel tetap menjadi andalan di berbagai kalangan untuk pengolahan data.

Dengan tampilan yang nyaman dan user friendly serta dapat digunakan di berbagai sistem operasi dari Windows hingga Mac OS. Selain itu, file .xls kompatibel dengan program lain. Namun, alasan lain mengapa Excel disukai oleh para pengolah data adalah karena dapat membaca file .csv yang sering digunakan oleh operator data sebagai sumber datanya. Lalu apa rumus dasar excel yang diandalkan operator data untuk mengolah data? Simak jawabannya di bawah ini!

Tutorial Cara Menggunakan Microsoft Excel Dasar & Fitur Fitur Excel

Ketika Anda telah mengumpulkan data menggunakan metode atau teknik pengumpulan data seperti data scraping atau pengumpulan data, dapat dipastikan bahwa data yang Anda terima tidak bersih dan terstruktur. Oleh karena itu, umumnya sebelum mengolah data kita perlu melakukan pembersihan data, terutama jika kita ingin mengolah data uji. Langkah pertama yang biasa dilakukan adalah membandingkan semua jenis huruf tersebut, baik huruf besar maupun huruf kecil.

Excel telah menyediakan fungsi case yang dapat kita gunakan untuk membandingkan huruf besar atau huruf kecil tanpa perlu kode seperti python atau R. Biasanya dalam proses pembersihan kita menggunakan huruf kecil daripada huruf besar dan sesuai.

VLOOKUP (vertical lookup) adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari suatu nilai tertentu dalam kolom yang disebut tabel array, setelah menemukan informasi yang dicari, nilai tersebut akan dikembalikan pada kolom yang berbeda pada baris yang sama. Di VLOOKUP terdiri dari empat elemen: nilai yang ingin kita temukan, rentang di mana nilai akan ditemukan dan nilai akan dikembalikan, jumlah kolom dalam rentang yang ditentukan dengan nilai yang dikembalikan, dan nilai yang tidak valid. (0) untuk pencocokan persis dengan nilai yang kita cari dan benar (1) untuk pencocokan perkiraan.

Cara Cepat Belajar Excel Untuk Pemula

Di mana nilai adalah nilai penelusuran, rentang adalah rentang penelusuran, nomor_kolom adalah kolom yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, dan benar atau salah berisi perkiraan (benar) atau sama persis (salah).

Belajar Akutansi, Cara Mudah Menggunakan Excel Menambahkan Rp Dan Nol Dua

HLOOKUP (pencarian horizontal) adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam satu baris untuk pencocokan data dan output dari kolom yang sesuai. Sementara VLOOKUP mencari nilai dalam kolom, HLOOKUP mencari nilai dalam baris.

Di mana nilai adalah nilai penelusuran, rentang adalah rentang penelusuran, nomor_baris adalah baris yang berisi rentang nilai yang dikembalikan, dan benar atau salah adalah pencocokan perkiraan (benar) atau sama persis (salah). Sintaks sebenarnya tidak jauh berbeda dengan VLOOKUP, yang hanya berbeda dalam jumlah baris atau jumlah kolom tempat nilai dikembalikan.

Sebenarnya, fungsi IF berarti œkondisi yang biasa digunakan untuk mencari kondisi dari data. Jika kondisi terpenuhi atau valid, maka fungsi IF akan memproses data. Namun, jika kondisi tidak terpenuhi atau FALSE, fungsi IF tidak memproses data dan melanjutkan ke data berikutnya. Selain itu, fungsi IF di excel sering diikuti oleh operator logika seperti AND, OR, dan NOT atau operator pembanding seperti , =, , =.

Integrasi menjadi solusi bagi mereka yang ingin belajar sendiri dengan konsep belajar yang fleksibel. Kamu bisa belajar materi dari yang dasar sampai yang rumit meski tidak punya basic IT lho. Di sini Anda akan mempelajari keterampilan ilmu data mulai dari alat pengolah data dasar seperti excel online tanpa meninggalkan rumah.

Tips Mahir Ms Excel Bagi Pemula, Kamu Harus Tahu!

Dengan koneksi internet, Anda dapat belajar dengan fleksibel dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Dokumen tersebut juga disiapkan oleh expert advisor di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup.

Jadi, jangan khawatir, Anda bisa mulai


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *