Pemula Belajar Microsoft Excel

Pemula Belajar Microsoft Excel – Untuk berkarir sebagai ilmuwan data dan analis data, mempelajari Microsoft Excel adalah langkah awal yang bagus untuk pemula yang ingin berkarir sebagai analis data dan ilmuwan data tetapi tidak memiliki latar belakang STEM tanpa coding terlebih dahulu. Anda bisa belajar excel dari nol dengan mempelajari rumus dasar excel.

Excel memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang memudahkan Anda menggunakannya. Selain itu, Microsoft Excel memiliki format paling populer dan fleksibel di antara berbagai perangkat lunak spreadsheet serupa. Tidak mengherankan jika Anda dapat menempatkan Microsoft Excel di daftar urutan pertama untuk mempelajari keterampilan ilmu data dan Anda dapat mulai membuat tabel Excel.

Pemula Belajar Microsoft Excel

Pemula Belajar Microsoft Excel

Struktur dan berbagai rumus dan rumus sangat berguna untuk analisis data dan berbagai kegiatan termasuk entri data, pengelolaan data, akuntansi, dll. Selain itu, penggunaan formula oleh penggemar data penting untuk membantu menganalisis data guna membuat keputusan yang lebih baik. Sebelum terjun ke beberapa hal lanjutan, tentunya lebih baik jika Anda memulai dengan rumus-rumus dasar excel terlebih dahulu.

Tutorial Belajar Microsoft Excel Lengkap Untuk Pemula

Yuk, simak artikel mengenai 4 formula penting yang sering kamu gunakan, terutama untuk data cleaning ini!

Biasanya database yang kita miliki memiliki kombinasi huruf besar dan huruf kecil, untuk mempercepat pengenalan kita perlu mencocokkan data teks dengan mengubah data teks menjadi lebih rendah/tinggi/sesuai. Karena kami menggunakan python atau R, Excel juga memiliki fitur ini. Caranya lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Python atau R. Berikut tiga fungsi yang bisa kita gunakan untuk mengubah teks menjadi huruf kecil/kecil/huruf besar di excel:

Ada karakter yang merupakan string atau karakter dari tipe data yang ingin kita ubah menjadi huruf kecil, huruf besar atau campuran. Mari kita coba fungsi di bawah ini agar nama email cocok dengan huruf kecil semua.

Saat menangani data yang banyak, kita sering menjumpai data duplikat atau duplikasi. Jika kita menghadapi dua hal yang dapat kita lakukan dengan data duplikat, itu dalam dua langkah

Belajar Dasar Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

Dalam proses pembersihan data, terdapat tahapan yang dikenal dengan proses tokenizing. Proses ini merupakan proses pembagian kata pada setiap kalimat dengan batasan atau fokus. Excel memiliki fitur yang dapat kita gunakan untuk melakukan proses tokenisasi dengan cara memilih sel yang berisi teks yang dipisahkan, kemudian pilih menu data lalu pilih teks pada kolom tersebut. Setelah itu akan muncul jendela pengaturan sehingga kita bisa memilih untuk membagi garis sesuai dengan batasannya. Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat contoh di bawah ini. Pada contoh berikutnya kita akan membagi kata menjadi beberapa baris berdasarkan posisi.

Fungsi ini sangat berguna jika data yang Anda miliki lebih dari satu tempat. Ini berguna saat Anda melakukan pembersihan data karena satu perbedaan lokasi dapat membuat data muncul sebagai data yang berbeda dari data lain dengan tujuan yang sama. Jadi menghapus duplikat adalah langkah umum untuk membersihkan data. Secara umum, bentuk paling umum dari fungsi TRIM() adalah:

Bukan hanya bahasa pemrograman saya yang penting untuk Anda kuasai, itu adalah alat-alat Ms.Excel yang sama pentingnya untuk Anda kuasai, terutama jika Anda bekerja sebagai Admin.

Pemula Belajar Microsoft Excel

Ingin menguji kemampuan terbaik Anda? Ayo, coba kuis mini. Caranya mudah, daftar sekarang dan pilih menu Quiz.

Pemula Wajib Kuasai Excel Sebagai Skill Dasar Pengolahan

Nikmati pembelajaran yang efektif dan praktis untuk sukses di Excel bersama! Apa yang kamu tunggu? Yuk, daftar sekarang dan mulai belajar Modul Platinum Excel! Mempelajari Microsoft Excel saat ini hanya dapat dilakukan melalui internet. Ada banyak tutorial yang tersedia dari awal sampai akhir

Atau lanjutan yang dapat diperoleh secara gratis. Namun, pelajaran ini tidak selalu terstruktur, sehingga sulit bagi pemula untuk menemukan kursus belajar Excel dari awal.

Untuk mengesampingkan masalah tersebut, buatlah petunjuk belajar MS Excel tentunya dengan hal-hal yang direncanakan mulai dari tingkat pertama. Artikel kami kategorikan mulai dari mempelajari dasar-dasar MS Excel, fungsi dan rumus Excel serta hal-hal seputar Macro VBA Excel.

Tutorial Microsoft Excel diperbarui secara berkala berdasarkan versi terbaru MS Excel. Meskipun kami menggunakan versi terbaru, kami juga akan menambahkan langkah-langkah untuk memulai versi jika diperlukan. Jadi artikel tersebut berlaku untuk berbagai versi MS Excel.

Belajar Excel Untuk Pemula

Untuk mempelajari MS Excel kita perlu memahami dasar-dasar penggunaan komputer. Mulai dari membuka dan menutup aplikasi dll. Kami juga merekomendasikan untuk mempelajari Microsoft Word terlebih dahulu jika Anda tidak terbiasa dengan MS Word. Ini karena ada fitur penting dari Microsoft Office yang kami bagikan dengan MS Word.

Dalam tutorial ini, kami menggunakan Microsoft Excel 2019. Namun, teks juga dapat digunakan di versi sebelumnya, mulai dari Excel 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Masalah pertama yang akan dipelajari terkait dengan pengenalan aplikasi Excel mulai dari worksheet dan workbook. Sekarang tentang tampilan dan fungsinya dan juga dasar-dasar penggunaan rumus atau fungsi.

Pemula Belajar Microsoft Excel

Artikel ini menjelaskan rumus dan fungsi di Excel. Dalam setiap pelajaran, kami akan menjelaskan cara menggunakan rumus/fungsi dengan contoh.

Tik Excel Worksheet

Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang paling penting untuk dipelajari setelah MS Word karena sering digunakan untuk tujuan yang berbeda. Mulai dari sekolah, kampus, organisasi, pekerjaan kantor dll. Belajar Excel sangat mudah. Jika Anda sudah mengenal Word, maka Anda hanya perlu fokus mempelajari tabel, grafik, fungsi, rumus, dan VBA. Baru menggunakan Microsoft Excel? Jika demikian, membuat tabel di Excel adalah hal pertama yang harus diketahui sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Salah satu fungsi utama MS Excel adalah menyederhanakan data menjadi tabel yang singkat dan mudah dipahami.

Sayangnya, masih banyak yang belum paham cara membuat tabel di Excel. Bahkan, keterampilan ini termasuk yang paling dicari di era digital.

, khususnya bidang penjualan dan administrasi pekerjaan atau perusahaan niaga sangat membutuhkan tenaga kerja yang ahli dalam program excel.

Pengenalan, Pengertian Dan Manfaat Microsoft Excel

Meski tidak semua jenis pekerjaan harus bisa melakukan hal tersebut, ada baiknya juga mencatat pemasukan dan pengeluaran pribadi agar pemasukan bisa stabil.

Selain itu, tabel Microsoft Excel juga dapat diartikan sebagai kumpulan kolom dan baris yang disusun dalam spreadsheet atau lembar kerja.

Nah, tahukah kamu apa pengertian dan fungsi dari tabel Excel? Selanjutnya bagi yang masih bingung membuat tabel di Excel, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

Pemula Belajar Microsoft Excel

Setiap pengguna memiliki perhatian yang berbeda terhadap tabel yang mereka buat. Ada yang untuk meringkas data pribadi, data penjualan, data karyawan dan berbagai jenis tabel.

Situs Belajar Excel Terbaik Dan Gratis Untuk Kamu

Sebelum membuat daftar pada tabel Excel, langkah pertama adalah mempersiapkan data menjadi metode (membuat tabel dan mengisi kolom).

Selesai, sekarang tambahkan tabel baru ke laporan yang Anda buat. Saat kolom diklik, sebuah tombol akan muncul dengan opsi rumus yang berbeda.

Selanjutnya kita akan masuk ke cara membuat tabel excel dengan formula agar penyajian data lebih menarik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah warna dengan memilih Manage Rules. Nah, sekarang tabelnya terlihat menarik bukan?

Cepat Mahir Belajar Microsoft Excel

Jadi, apakah Anda mengerti cara membuat tabel di Excel? Dengan membaca ulasan di atas, Anda juga akan mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk mengubah tampilan meja agar lebih menarik.

Sebelum kita menyelesaikan artikel ini, tidak ada salahnya kita mengetahui kelebihan Microsoft Excel dibandingkan dengan program pengolah angka lainnya seperti Kspread atau Gnumeric.

3. Proses memasukkan data ke dalam spreadsheet sangat sederhana, selain itu Anda dapat menambahkan baris dan referensi ke tabel yang dibuat sebelumnya.

Pemula Belajar Microsoft Excel

Selain keempat program di atas, kelebihan lain dari Excel adalah mampu menampung sejuta baris data, 16.000 kolom dalam 1 lembar. Maka tidak heran jika banyak pengguna yang tidak bisa berpaling dari software besutan Microsoft ini.

Mengenal Microsoft Excel Pemula

Tabel Microsoft Excel dibuat dengan berbagai macam fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan penggunanya. Namun, ini banyak digunakan untuk mengumpulkan data penjualan untuk perusahaan atau bisnis individu.

Dengan mengetahui cara membuat tabel di Excel dengan benar, semuanya akan dapat dilakukan dengan mudah dan baik. Terlebih lagi, memahami berbagai fitur Microsoft, terutama Excel, akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Semoga beruntung! Rumus dasar excel – Microsoft Excel adalah program yang berfungsi untuk membuat data atau angka menggunakan spreadsheet dengan baris dan kolom untuk membuat perintah. Microsoft Excel tersedia di platform Windows, MacOS, Apple, dan Android.

Ada banyak rumus yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah di Microsoft Excel. Jika Anda seorang pemula di Microsoft Excel, maka Anda perlu menguasai 15 rumus dasar Excel berikut ini. Baca juga : Berikut cara membuat tabel di microsoft excel dengan mudah untuk pemula

Rumus Excel khusus ini sering digunakan, baik dalam perkuliahan maupun pekerjaan kantor. Dan inilah 15 rumus dasar Excel yang bisa Anda pelajari.

Microsoft Excel 2019

IF sering kita jumpai dalam pengolahan data yang berhubungan dengan perbandingan kondisi di dalam sel. Baca Juga: Pelajari cara menggunakan fungsi SUM, Average, Min, Max, dan IF di Excel

Jadi terlihat seperti ini. Jika J6 lebih besar atau sama dengan 90, maka menjadi A. Jika J6 lebih besar atau sama dengan 61, maka menjadi B. Sebaliknya menjadi C.

=COUNTA(K6:K10) Ini adalah rumus untuk menghitung jumlah sel di dalamnya. Dari data di sel K6:K10, terdapat 1 sel kosong. Jadi COUNTA adalah 4.

Pemula Belajar Microsoft Excel

=COUNTA(J6:J10) Ini adalah metode untuk menghitung jumlah sel yang tersedia. Dari data sel J6:J10, semua sel memiliki sisi (tidak ada yang kosong). Jadi COUNTA adalah 5.

Buku Belajar Praktis Microsoft Excel Falhah

Contoh: =LEFT(E3;2) ini adalah rumus yang mengambil dua karakter dari kiri teks di sel E3 “” yaitu “Ga”.

Contoh: =MID(E3;3;4) rumus ini mengambil empat karakter dari tengah (dimulai dengan huruf ketiga) karakter di sel E3 “” hingga “Love”.

Contoh: =LEFT(E3;2) rumus ini mengambil dua karakter


Diterbitkan

dalam

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *